Ziarah Ke Pulau Penyengat Agenda Penutup Peserta Rapimnas JMSI

  • Share

BATAM, MEDGO.ID – Para Peserta Rapat Pimpiman Nasional (Rapimnas) Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) mengakhiri rangkaian kegiatannya dengan melakukan ziarah ke Pulau Penyengat, Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu (20/3/2022) siang.

Dengan kapal penyeberangan, para peserta Rapimnas JMSI berangkat dari Batam sekitar pukul 10.00 WIB dan tiba di Pelabuhan Pulau Penyengat sekitar pukul 11.00 WIB.

Rombongan yang dipimpin oleh Ketua Umum JMSI, Teguh Santosa, sesampainya di pelabuhan Pulau Penyengat langsung menuju Masjid Raya Sultan Riau. Peserta yang beragama Islam menyempatkan diri untuk melaksanakan Shalat Tahiyatul Masjid, kemudian rombongan melanjutkannya untuk melihat langsung suasana Masjid Raya Sultan Riau dan mengabadikan momen tersebut di depan masjid.


Selanjutnya rombongan yang didampingi oleh Raja Farul, seorang pemandu wisata Pulau Penyengat, menyusuri satu persatu situs sejarah yang ada di Pulau Penyengat antara lain Kompleks Istana Kantor, serta makam raja-raja yaitu makam Raja Ja’afar dan Raja Ali Marhum Kantor yang berada di tengah-tengah Pulau Penyengat.

Raja Farul secara gamblang menjelaskan satu persatu situs sejarah peninggalan kebesaran kebudayaan Melayu. Farul juga menjelaskan sejarah Pulau Penyengat yang dijadikan sebagai mahar untuk Engku Putri atau Raja Hamidah dan berbagai literasi sejarah Melayu termasuk tentang asal-usul Bahasa Indonesia.

“Di Pulau Penyengat ini ada tiga pahlawan nasional yakni Raja Haji Fisabilillah, Raja Ali Haji dan Sultan Mahmud Riayat Syah,” jelas Farul.

Sementara itu, Ketua Panitia Rapimnas JMSI, Anwar Anas, mengatakan bahwa wisata kebudayaan yang dilakukan bertujuan untuk memperkenalkan secara langsung tentang sejarah kebudayaan Melayu.

“Kita ingin mengenalkan asal-usul bahasa Indonesia kepada kawan-kawan peserta. Mereka bisa menyaksikan dan mendengarkan serta melihat langsung asal-usul bahasa Indonesia”, tandas Anwar.

Ia juga menambahkan bahwa dengan membawa peserta Rapimnas JMSI ke Pulau Pe1nyengat bisa menjadi semangat tersendiri bagi Perwakilan JMSI seluruh Indonesia.

“Semoga dengan berkunjung ke Pulau Penyengat ini, busa menjadi inspirasi tersendiri bagi rekan-rekan saat kembali ke daerahnya masing-masing serta menjadi semangat tersendiri untuk menyajikan informasi berkualitas pada masyarakat,” ujarnya.

Para peserta Rapimnas JMSI yang berkunjung ke Pulau Penyengat, tampak antusias mengamati situs-situs sejarah dan penjelasan terkait sejarah pulau itu serta mengabadikan setiap momen saat melakukan perjalanan mengelilingi pulau penyengat. (*).
Pewarta: Adang.

  • Share
Exit mobile version