Workshop Digital Marketing Solusi Penguasaan IT Kembangkan Pemasaran Secara Online

  • Share
banner 468x60

KENDAL, MEDGO.ID – Sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan dan membuka lapangan kerja baru, Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar workshop digital marketing, Rabu (9/3/2022) di Cafe Bourjuis Patebon.

Kegiatan workshop tersebut menghadirkan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, sebagai pemateri, dan dihadiri oleh anggota Komite I DPD RI DR. Abdul Kholik SH, MSi, Ketua HIPMI Kabupaten Kendal Arifiyanto serta Teguh mewakili Kospin Jasa.

Ketua DPC PPP Kendal, Abdul Syukur, mengatakan bahwa workshop diikuti oleh para pelaku usaha yang bergerak di bidang usaha pengolahan bandeng, counter hp, boutic, photo grafer, EO, dan lain-lain, agar bisa mengembangkan pemasarannya secara online.

“Para pelaku usaha yang diundang mendapatkan pelatihan digital marketing, dimana mereka itu aktif dalam ormas pemuda GMPI, AMK, GPK dan WPP yang dibina oleh Badan Otonomi PPP Kabupaten Kendal”, kata Abdul Syukur.

Dalam penyajian materinya, Bupati Kendal menyampaikan bahwa dirinya sangat menyambut baik kegiatan workshop digital marketing yang dilakukan oleh DPC PPP.

Pada kesempatan tersebut, kepada para peserta Bupati Kendal menekankan bahwa jika ingin sukses dalam usaha syaratnya adalah harus focus.

“Pengalaman saya saat merintis usaha dengan berganti-ganti jenis usaha, yang saya alami justru usaha tersebut tidak berhasil dan saya merugi”, tandas Dico.

Terkait dengan bermunculannya UMKM di Kabupaten Kendal yang dimotori oleh kaum muda, lanjut Dico, perlu untuk terus didukung agar maju dan berkembang, apalagi dimana di Kabupaten Kendal masih banyak UMKM yang belum menguasai IT.

“Saat ini pembangunan ekonomi di Kabupaten Kendal focus pada 4 pilar yakni Industri, pariwisata, UMKM dan generasi 4.0 untuk mendorong penciptaan lapangan kerja, karena di Kendal setiap tahunnya angkatan kerja yang tidak tertampung semakin meningkat yang secara otomatis angka pengangguranpun semakin meningkat”, tandas Dico.

Penyediaan lahan seluas 5 ribu hektar untuk pembangunan Kawasan Industri Kendal (KIK) yang terintegrasi dengan potensi lokal, imbuh Bupati Kendal, dengan harapan keberadaan UMKM akan berkembang dari hulu hingga hilir.

“Pemkab Kendal saat ini tengah mempersiapkan rencana pembangunan UMKM Centre dengan fasilitas home meetting untuk peningkatan SDM Pelaku usaha di Kabupaten Kendal”, kata Dico.

Menurut Dico, UMKM adalah salah satu indikator pertumbuhan ekonomi Kendal. Untuk itu, Kendal sudah membentuk Satgas Digital di tingkat kecamatan, dan ke depannya pemasaran produk UMKM Kendal bisa bekerjasama dengan Ecomers (Grab, Tokopedia, Gojek). Dan LPII untuk dorong pemasaran keluar negeri.(*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *