Wedang Jamu Coro Sudah Ada Sejak Zaman Kasultanan Bintoro, Masuk Nominasi API 2021

  • Share

DEMAK, MEDGO.ID – Jamu coro adalah minuman khas tradisional dari kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Minuman jamu berbahan dasar tepung yang dipadukan dengan rempah rempah seperti jahe, kayu manis, serai,santan kelapa, gula merah. Sehingga rasanya sedikit pedas, manis dan menyegarkan badan.

\

Minuman ini konon kabarnya sudah ada sejak zaman Kasultanan Bintoro, yang menjadi menu minuman dalam pertemuan atau acara Keraton Demak Bintoro.

Meski jaman sudah berkembang dan modern Namun keberadaan wedang jamu coro masih terjaga dan lestari.

Wedang jamu coro ini banyak dijajakan di kampung-kampung di pagi hari. Yang unik adalah wadah khas berupa kendil yang terbuat dari tanah dan ditutup dengan segumpal kain yang terbungkus plastik.

“Jamu coro harus disimpan di dalam kendil dan ditutup kain serta plastik, agar jamu tetap terjaga kehangatannya dan ini merupakan ciri khas sebagai warisan leluhur”, kata Mila, salah salah seorang pedagang keliling wedang jamu coro, Kamis( 1/7/21) saat melayani pembeli.

Untuk mengambilnya dari dalam kendil, lanjut Mila, dengan menggunakan potongan bambu kecil yang di bergagang kayu.

Tahun 2021 ini Anugerah Pesona Indonesia( API), telah mencatat wedang jamu coro sebagai salah satu nominasi dalam kategori minuman tradisional daerah dan kategori destinasi belanja berupa produk Rebana.

“Alhamdulilah wedang Jamu coro masuk dalam nominasi minuman tradisional pada Anugerah Pesona Indonesia (API) di tahun 2021. Masuknya potensi daerah ini dalam ajang API dan menjadi terbaik membutuhkan dukungan seluruh pihak baik pemkab maupun masyarakat”, Jelas Agus Kriyanto, Kepala dinas Pariwisata kabupaten Demak.

Sebagai informasi dukungan dari masyarakat, lanjut Agus Kriyanto, dapat diberikan melalui voting online pada akun resmi API di @apiaward. Dukungan bisa diberikan pada dua nominasi minuman tradisional dan destinasi belanja. (*).
Pewarta: Adang.

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *