Wartawan Se Kabupaten Kendal Ikuti Sosialisasi Regulasi Tahapan Pemilu 2024

  • Share

Kendal, medgo.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU ) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Senin (26/12/2022), di hotel Sae Inn Kendal.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh wartawan se Kabupaten Kendal, unsur dari Polri, TNI, dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal.

\

Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktariani, dalam prakatanya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi regulasi tahapan Pemilu tahun 2024 hari ini adalah kegiatan terakhir KPU Kendal untuk tahun 2022.

“Terkait dengan tahapan Pemilu, dasar hukumnya adalah UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan Umum dan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024”, jelas Hevy.

Sementara itu, Komisioner KPU dari Divisi Hukum dan Pengawasan, Rinto Wardoyo, menjelaskan bahwa berdasarkan penetapan KPU RI pada tanggal 14 desember 2022, partai politik peserta pemilu tahun 2024 yang lolos verifikasi faktual ada sebanyak 17 partai.

“Untuk partai yang tidak lolos verifikasi, tetap akan di akomodir dengan menunggu keputusan dari PTUN. Seperti Partai Umat yang akan melakukan verifikasi faktual ulang”, tutur Rinto.

Berkaitan dengan hal tersebut, imbuh Rinto, KPU Kabupaten Kendal akan tetap melaksanakan perintah secara hirarkis, karena penetapannya menjadi wewenang KPU Pusat.

Tentang penetapan partai yang memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu tahun 2024, Rinto mengatakan bahwa sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 518 tahun 2022 telah ditetapkan sebanyak 17 partai yang telah memenuhi persyaratan dan 6 partai lokal Aceh.

“17 partai yang lolos verifikasi yaitu PDI Perjuangan, PKS, PERINDO, PBB, Nasdem, Kebangkitan Nusantara, Garda Perubahan Indonesia, Demokrat, Gelombang Rakyat Indonesia, Hanura, Gerindra, PKB, PKS, PAN, Golkar, PSI, PPP, dan Partai Buruh”, jelas Rinto.

Untuk 6 partai lokal Aceh, lanjut Rinto, antara lain Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, Partai Nangro Aceh, Partai Generasi Aceh, Partai Sira serta Partai Biosabon Ta’at dan Taqwa.

Sementara itu, perihal tingkat kerawanan Pemilu 2024 di Kabupaten Kendal, Rinto menyebutkan bahwa jika dibandingkan tingkat kerawanan Pemilu 2019 lalu mengalami penurunan.

“Di Jawa Tengah, tingkat kerawanan Pemilu di Kabupaten Kendal turun di peringkat empat, dan kita akan terus berupaya meminimalisir kerawanan tersebut dengan melaksanakan tahapan-tahapan Pemilu dengan baik”, pungkas Rinto. (*17).

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *