Wartawan Kabupaten Kendal Ikuti Pendidikan Politik

  • Share

Kendal, medgo.id – Bertemakan Partisipasi Masyarakat melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi pada Sistem Demokrasi dan Pelayanan Publik di Kabupaten Kendal, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, memberikan pendidikan politik kepada para wartawan se Kabupaten Kendal, Senin (11/7/2022), di Gedung Wanita komplek Setda Kendal.

Gelaran pendidikan politik tersebut menghadirkan tiga orang nara sumber yaitu Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kendal, Wiwit Andariyono, anggota Komisioner KPUD Kendal, Rokhimudin dan Kepala DPMPTSP Kendal, Anang Widiasmoro.

\

Kepala Bakesbangpol Kendal, Suharjo Sos, MH, dalam kata pengantarnya menyampaikan bahwa pendidikan politik kepada para wartawan adalah sebagai langkah dan upaya meningkatkan peran serta wartawan melalui portal berita media massa dalam menyampaikan berbagai informasi penting yang cepat serta akurat kepada masyarakat.

“Terlebih lagi terkait dengan Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar pada tahun 2024 mendatang. Peran media massa sangatlah penting dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut”, tandas Suharjo.

Sementara itu, Wiwit Andariyono dalam paparannya mengatakan bahwa media massa memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan sosialisasi tentang Pemilu 2024 melalui pemberitaan yang dilakukannya.

“Kepada KPUD Kendal, saya berharap bisa menggandeng para wartawan karena para wartawan sangat dekat dengan masyarakat sebagai ekses dari intensitas interaksi yang telah terbangun, bahkan hingga jauh ke pelosok desa”, tandas Wiwit.

Jumlah kursi di DPRD Kendal akan bertambah
Pada kesempatan yang sama, anggota Komisioner KPUD Kendal, Rokhimudin, dalam paparannya mengungkapkan bahwa akan terjadi penambahan kursi di DPRD Kendal.
Rokhimudin menerangkan bahwa hal tersebut terjadi karena adanya pertambahan jumlah penduduk Kabupaten Kendal yang sudah melebihi angka 1 juta jiwa.

“Sesuai dengan Undang-Undang No. 7 tahun 2017 pasal 191 ayat 2 tentang Penentuan Jumlah Kursi di DPRD, maka pada Pemilu 2024 mendatang jumlah kursi di DPRD Kendal akan terjadi penambahan, yang semula berjumlah 45 kursi akan menjadi 50 kursi. Sehingga hal tersebut juga akan berpengaruh pada partai politik yang akan mengusung Calon Bupati”, terang Rokhimudin.

Bagi partai politik yang akan mengusung Calon Bupati, lanjut Rokhimudin, minimal harus memiliki 10 kursi atau 25 persen suara sah di Pemilu Legislatif. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *