Warga RW 7 Perumda Sembelih 8 Ekor Hewan Qurban

  • Share

Kendal, medgo.id – Pada Idul Adha tahun 1433 Hijriah/2022 Masehi, Panitia Penyembelihan Hewan Qurban RW 7 Perumahan Daerah (Perumda), Desa Purwokerto, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, melaksanakan penyembelihan hewan qurban, Minggu (10/7/2022), di plaza Perumda.

Sekretaris Panitia, Nandang Hermawan, mengatakan bahwa jumlah hewan qurban pada Idul Adha tahun 1443 Hijriyah/2022 Masehi ada peningkatan jumlah yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan tahun 1442 H/2021 yang lalu.

\

“Tahun 2021 yang lalu kita melakukan penyembelihan hewan qurban sebanyak 5 ekor, yang terdiri 4 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Untuk tahun 2022 ini, kita bisa melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebanyak 8 ekor yakni 4 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Jadi ada peningkatan yang cukup tinggi”, kata Nandang.

Menurut Nandang, adanya peningkatan jumlah hewan qurban tersebut bisa dimaknai bahwa kesadaran para warga untuk melaksanakan ibadah qurban juga semakin meningkat.

Untuk pembagian daging hewan qurban, lanjut Nandang, diutamakan untuk warga RW 7 dan masyarakat terdekat yang ada di sekitar Perumda, selanjutnya baru ke warga di wilayah atau desa lain.

“Untuk pembagian atau pendistribusian daging hewan qurban ke wilayah lain, dilakukan berdasarkan proposal yang diajukan kepada panitia. Ada 12 desa/kelurahan yang mengajukan permintaan daging hewan qurban diantaranya adalah Desa Jambearum dan Desa Bulugede Kecamatan Patebon, Desa Sumur Kecamatan Brangsong, serta Kelurahan Bandengan Kecamatan Kota Kendal”, papar Nandang.

Untuk permintaan daging hewan qurban dari luar wilayah, imbuh Nandang, setiap permohonan bisa dipenuhi sebanyak 25 hingga 30 paket yang berisikan daging seberat 0,5 kg.


Sementara itu, Ketua Panitia pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, H. Utomo, mengatakan bahwa pengemasan daging hewan qurban dilakukan secara gotong-royong oleh ibu-ibu Dawis RW 7 bersama-sama dengan para remaja serta generasi muda.

“Dari 8 ekor hewan qurban tersebut, diperkirakan bisa menjadi 1.000 paket daging yang masing-masing berisikan 0,5 kg. Setelah selesai dikemas akan langsung kita bagikan kepada yang berhak menerima”, kata Utomo.

Untuk pendistribusiannya, tambah Utomo, selain yang dilakukan oleh panitia juga dilakukan sendiri oleh para muqorib. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *