Warga Desa Kalibareng dan Sukomangli Hibahkan Tanahnya Untuk Pembangunan Embung

  • Share

Kendal, medgo.id – Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, saat ini tengah membangun sarana prasana pertanian berupa sebuah embung yang berlokasi di Desa Kalibareng, Kecamatan Patean.

 

Kepala Desa Kalibareng, Suhartoyo, mengatakan bahwa terlaksananya pembangunan embung tersebut adalah atas sumbangsih dari Subari bersama beberapa warga Desa Kalibareng dan Sukomangli, yang telah menghibahkan tanahnya Selasa (22/11/2022).

Suhartoyo menerangkan bahwa untuk lokasi dibangunnya embung, menempati lahan kurang lebih seluas 1.800 m2 hibah dari Suberi, warga Desa Kalibareng. Untuk anggaran pembangunannya bersumber dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Tengah tahun 2022.

“Warga Desa Kalibareng memang sangat mendukung dengan dibangunnya embung tersebut karena akan sangat membantu ketersediaan air bagi lahan pertanian yang ada di Desa Kalibareng, dan dibangunnya jalan menuju embung juga akan mempermudah dan memperlancar transportasi serta pengangkutan hasil panen”, kata Suhartoyo.

Terakit dengan pembangunan jalan menuju embung sepanjang kurang lebih 500 meter dengan lebar 6 meter, lanjut Suhartoyo, juga atas sumbangsih dari 17 orang warga Desa Kalibareng dan Desa Sukomangli yang dengan sukarela menghibahkan tanahnya.

Sementara itu, Sulistyo, warga Desa Sukomangli, yang menghibahkan tanahnya seluas kurang lebih 600 M2 dan digunakan untuk pembangunan jalan menuju embung, menuturkan bahwa dirinya sangat mendukung adanya pembangunan embung.

“Sebagai wujud dukungan terhadap pembangunan embung tersebut, dengan sukarela saya telah menghibahkan tanah untuk pembangunan jalan. Saya hanya berharap apa yang telah saya lakukan itu bisa bernilai ibadah”, tutur Sulis.

Selain itu, imbuh Sulis, jalan tersebut juga akan memberikan kemudahan transportasi dan pengangkutan hasil panen.

“Tanah yang saya hibahkan itu hanya sebagian saja dari luas lahan yang saya miliki. Jadi saya pun akan mendapatkan manfaat dari adanya jalan tersebut”, pungkas Sulis. (*17).

  • Share
Exit mobile version