Wakil Ketua Komisi V DPR RI: Peralatan Yang Dimiliki BMKG Sudah Ketinggalan Jaman

  • Share

Bogor, medgo.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memiliki peran yang sangat besar dan penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, apalagi wilayah Indonesia yang berada di cincin api, sudah tentu potensi bencananya juga sangat besar.

Namun peralatan dan teknologi yang dimiliki oleh BMKG sudah ketinggalan jaman, karena dari tahun 1986 sampai saat ini peralatan yang digunakan oleh BMKG masih yang itu-itu saja. Untuk itu, Komisi V DPR RI akan mendorong pemerintah agar meningkatkan anggaran yang lebih besar kepada BMKG.

\

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw, saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Stasiun Meterologi Kelas III BMKG di Citeko, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (24/9/2022). Dikutip dari laman dpr.go.id.

Lebih lanjut, Roberth Rouw mengatakan bahwa keterbatasan teknologi yang dimiliki oleh BMKG sudah seharusnya pemerintah bisa memberikan perhatian khusus kepada BMKG.

“Para nelayan, petani, dan masyarakat membutuhkan informasi terkait dengan cuaca dan iklim dari BMKG. Kami minta BMKG juga melakukan pemetaan wilayah untuk mendirikan stasiun-stasiun agar bisa memberikan data cuaca di seluruh Nusantara ini secara akurat, yang dapat diakses secara terperinci oleh masyarakat kapanpun dan dimanapun”, ungkap Robert.

Terkait dengan peralatan dan teknologi yang dimiliki oleh BMKG, anggota Komisi V DPR RI, Sudewo, mengatakan bahwa BMKG sebaiknya melakukan update teknologi agar mitigasi cuaca yang dilakukan hasilnya bisa lebih akurat.

“Mitigasi cuaca dari BMKG tidak akan akurat jika masih menggunakan teknologi konvensional. BMKG harus betul-betul melakukan update teknologi dengan menggunakan teknologi yang canggih”, tandas Sudewo. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *