Wakil Gubernur Jateng Tinjau Lokasi Tanggul Jebol Di Desa Sumberejo

  • Share

DEMAK, MEDGO.ID – Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen beserta istri, meninjau kondisi pemukiman warga pasca jebolnya tanggul Sungai Tuntang yang berada di Desa Sumberejo Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak, Senin (25/01/21) Sore.

Kunjungan dari Wagub Jawa Tengah tersebut didampingi oleh Kapten Inf Tulodo selaku Komandan Koramil (Danramil) 02 Bonang/ Kodim 0716 Demak.

\

Diketahui, jebolnya tanggul tersebut terjadi pada Jum’at (1/1/2021), yang diakibatkan oleh tingginya debit air dan derasnya arus Sungai Tuntang karena tingginya intensitas hujan.

“Akibat jebolnya tanggul itu airnya kemudian meluap dan menggenangi areal pertanian serta permukiman warga”, ujar Taj Yasin saat berada di lokasi.

Wakil Gubernur juga mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten Demak akan bekerja sama dengan untuk mengatasi musibah ini.

“Kami segera berkoordinasi dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) mengenai apa saja yang harus segera melaksanakan,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Taj Yasin menekankan bahwa pemerintah tidak melindungi warga yang memanfaatkan bantaran sungai untuk bercocok tanam tanpa memperhatikan kondisi lingkungan.

“Kita bisa melihat banyak pohon pisang di bantaran sungai. Memanfaatkan bantaran sungai diizinkan, tapi jangan sampai tumbuhan yang ada di bantaran sungai malah menghalangi aliran air sungai,” tegasnya.

Di sela peninjauan itu, KH.Taj Yasin juga menyerahkan bantuan berupa beras, mi instan, dan minyak kayu putih kepada warga terdampak banjir.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberejo, Misbahul Munir, menyebutkan bahwa ada ratusan hektar tanaman padi milik warga yang siap panen, akibat diterjang air sungai bercampur rob yang menggenang sejak awal tahun 2021, mengalami gagal panen

“Banjir di pemukiman penduduk memang sudah surut. Namun di areal pertanian di dekat sungai sampai sekarang masih belum surut. Petani mengalami gagal panen karena sampai sekarang tanaman padi terendam banjir,” keluh Misbahul.

Dirinya juga menyampaikan, sebelumnya ada 250 rumah warga di tiga desa yakni Desa Sumberejo, Kembangan, dan Karangrejo Kecamatan Bonang yang ikut tergenang.
Selain itu, jembatan di Desa Sumberejo yang merupakan akses penghubung dari Kecamatan Bonang ke Desa Karangtengah juga runtuh.(*).
Editor: Adang.
Pewarta: Ashadi.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *