Wabub Kendal Serahkan Santunan Program JKM Kepada Ahli Waris almarhum Marsan

  • Share
banner 468x60

KENDAL, MEDGO.ID – Wakil Bupati Kendal, Jawa Tengah, H. Windu Suko Basuki, S.H, hadiri acara penyerahan santunan dari Program Jaminan Kematian (JKM) dan sosialisasi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi Linmas beserta lembaga lainnya se Kelurahan Kecamatan Kendal, Rabu (19/1/2022), di Aula Kecamatan Kendal.

Acara yang digelar oleh Badan Pengelola Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Cabang Kendal, yang diikuti oleh Linmas, TP PKK kecamatan dan desa, serta masyarakat umum, dihadiri oleh Camat Kendal dan Kepala Kelurahan se-Kecamatan Kendal.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki, mengatakan bahwa dirinya akan terus mendorong masyarakat agar ikut dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami mendorong masyarakat, termasuk para Linmas di Kabupaten Kendal, nantinya bisa ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan karena program tersebut sangat banyak manfaatnya, karena peran Linmas ini sangat penting untuk pengamanan, baik di desa maupun di kelurahan, sehingga perlu adanya perlindungan jaminan sosial”, tandasnya.

Menurut Wakil Bupati Kendal, peranan Linmas itu luar biasa dan mulia. Sekalipun mereka memang tidak mendapatkan honor, namun tetap melaksanakan tugasnya. Oleh karena itu, dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah desa maupun kelurahan agar bisa melibatkan Linmas.

“Linmas harus diberdayakan, dan harus selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan yang bersifat umum, sehingga mereka ada tambahan pemasukan”, tuturnya.

Selain itu, lanjut Wabub Kendal, kepada BPJS Ketengakerjaan Cabang Kendal untuk terus bisa melakukan pendampingan kepada masyarakat, agar nantinya semua bisa terlindungi program-program BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan KCP Kendal, Suriyadi, menyampaikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan santunan kematian sebesar Rp. 42.000.000 kepada ahli waris dari almarhum Marsan (61 tahun), salah seorang anggota Linmas dari Kelurahan Ngilir, yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dimana iurannya hanya Rp. 12.600 per bulan.

‘Santunan kematian berupa uang itu diserahkan oleh Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki, kepada Evi Ratnawati yang merupakan anak dari almarhum”, kata Suriyadi.

Menurut Suriyadi, meskipun baru menjadi peserta pada bulan November 2021 kemarin, tapi santunan tersebut tetap diberikan sebagai wujud komitmen negara hadir melalui BPJS Ketengakerjaan dalam memberikan perlindungan sosial pada masyarakat yang sudah menjadi peserta.

Ia mengungkapkan, di Kabupaten Kendal Linmas yang sudah terlindungi BPJS Ketenagakerjaan baru ada 2 desa dan 2 kelurahan yaitu Kelurahan Ngilir, Kelurahan Bandengan, Desa Karangayu dan Desa Pageruyung.

“Linmas ini fungsinya sebenarnya vital untuk keamanan di kelurahan maupun di desa, tapi kesejahteraannya termasuk jaminan sosialnya mayoritas belum terlindungi. Dari sekitar 7.000 orang anggota Linmas yanga ada di Kendal, yang sudah menjadi peserta BP Jamsostek masih kurang dari 100 orang”, tambah Suriyadi.

Suriyadi berharap, Pemerintah Kabupaten Kendal bisa memperhatikan segmentasi masyarakat, seperti Linmas dan tenaga-tenaga honor lainnya, agar masyarakat Kendal nantinya semua bisa terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Pihaknya mengaku akan terus melakukan sosialisasi terkait manfaat ikut program BPJS Ketenagakerjaan, baik itu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

Evi Ratnawati, sebagai ahli waris penerima santunan JKM, mengatakan bahwa dirinya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal dan BP Jamsostek Kendal atas santunan yang sudah diterimya.

“Santunan yang saya terima akan saya digunakan untuk keperluan sedekah almarhum, dan sisanya akan digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat”, pungkas Evi. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *