Untuk Misi Kemanusiaan, Jateng Kirim Relawan dan Logistik ke NTT

  • Share

SEMARANG, MEDGO.ID – Hari ini Selasa 13 April 2021, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberangkatkan belasan relawan ke lokasi bencana alam banjir bandang di Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain relawan, bantuan logistik juga dikirim untuk meringankan beban korban bencana di sana.

Hal itu sebagai wujud dari kepedulian terhadap kemanusiaan sebagai sesama anak bangsa.

Selain ke NTT, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga akan mengirimkan bantuan ke Jawa Timur, terutama di lokasi yang dilanda gempa bumi pada Minggu (Sabtu (10/4/2021) kemarin.

Demikian yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo Selasa (13/4/2021), saat melepas para relawan menuju NTT. Seperti dikutip dari jatengprov.go.id.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Pak Wagub, rencananya sehari setelah kejadian mau mengirim bantuan, tapi belum bisa terlaksana karena terkendala transportasi, Sehingga hari ini kita baru bisa mengirim bantuan lewat jasa Pos”, ujar Ganjar.

Untuk korban bencana gempa bumi di Jawa Timur, Ganjar mengatakan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan teman-temannya yang ada di Jawa Timur.

“Bantuan tersebut untuk menyemangati, kemanusiaan dan kepedulian. Bukan banyaknya, tapi seberapa kita mau membantu saudara kita,” paparnya.

Selain itu, Ganjar mengingatkan, bencana alam juga berpotensi terjadi di wilayah Jawa Tengah. Untuk itu, pihak terkait diminta mengambil langkah agar dapat mengantisipasi dengan baik.

“Kemarin kita sudah latihan di Kebumen dan itu bagus. Itu menandakan kesiapsiagaan kita terhadap bencana,” imbuhnya.

Sementara Plt Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah, Safrudin menyampaikan, ada sebanyak 18 relawan yang dikirim ke lokasi banjir di NTT. Selain itu, bantuan juga berupa logistik senilai sekitar Rp. 503 juta.

“Nanti para relawan akan membantu penanganam di sana sekitar satu minggu. Tapi masih lihat kondisi di sana. Relawan itu terdiri dari tenaga medis, dapur umum, pembangunan hunian darurat dan lainnya,” tandasnya. (*).
Pewarta: Adang.

  • Share
Exit mobile version