TMMD Kodim 0721/Blora Wujudkan Mimpi Warga Pengkoljagong

  • Share

Blora, medgo.id – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-113 Tahun 2022, Kodim 0721/Blora, Kodam IV/Diponegoro, dilaksanakan di Dukuh Alas Malang, Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, dimulai dari tanggal 11 Mei 2022 dan akan berakhir pada 9 Juni 2022.

Target sasaran dalam TMMD tersebut adalah membangun jalan tiga rusa jalan sepanjang 7.800 meter. Salah satu pembangunan jalan yang dilakukan adalah membangun jalan sepanjang 1.100 meter untuk membuka isolasi antara Dukuh Alas Malang dengan pusat Pemerintahan Desa Pengkoljagong, dan pembuatan talud badan jalan.

\

Kepala Desa Pengkoljagong, Sugiyono, Sabtu (28/5/2022), mengatakan bahwa dilaksanakannya program TMMD Reguler ke-113 di Desa Pengkoljagong bermula dari perbincangannya dengan salah seorang anggota 0721/Blora, terkait dengan impian dari warga Dukuh Alas Malang, Desa Pengkoljagong yang memimpikan bisa memiliki jalan yang layak karena sudah berpuluh tahun dukuhnya terisolasi.

Lebih jauh, Sugiyono mengatakan bahwa jalan antara Dukuh Alas Malang menuju Pusat Pemerintahan Desa Pengkoljagong untuk pembangunannya memang terkendala oleh anggaran sehingga Pemerintah Kabupaten Blora tidak memasukkannya dalam skala prioritas.

“Dengan alasan tersebut, kita memberanikan diri untuk sowan ke TNI agar program TMMD bisa dilaksanakan di Desa Pengkoljagong. Adanya program TMMD ini menjadi secercah harapan akan terwujudnya mimpi masyarakat Dukuh Alas Malang yang sudah lama ingin memiliki jalan yang layak”, kata Sugiyono.

Sementara itu, Kapendam IV/Diponegoro, Letkol Inf Bambang Hermanto, mengungkapkan bahwa kerjasama guyub antara TNI dan masyarakat dalam pembangunan fisik dan non fisik tersebut dimotivasi oleh satu harapan yakni keberhasilan.

Pembukaan akses jalan penghubung ini, lanjut Letkol Inf Bambang, diharapkan akan dapat memberikan dampak mutualisme, dimana warga sekitar dapat melalui jalan baru termasuk warga lainnya yang melintasi.

“Kemanunggalan TNI dengan rakyat harus selalu ditumbuhkembangkan dan dimantapkan secara terus menerus. Demi kesejahteraan masyarakat dan peningkatan taraf hidup masyarakat, TNI akan selalu ada disampingnya untuk mewujudkan itu semua”, kata Letkol Inf Bambang.

Program TMMD, imbuh Letkol Inf Bambang, akan mampu memperbaiki dan meningkatkan citra TNI di mata rakyat yang berarti persepsi positif masyarakat terhadap TNI pun akan semakin meningkat. Pada akhirnya integrasi dan sinergi atau kemanunggalan TNI dengan rakyat akan semakin kuat dan tangguh.

“Terwujudnya program ini akan menjadikan elemen kunci bagi suksesnya pembinaan teritorial dan pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan ketahanan wilayah”, tandas Letkol Inf Bambang. (*).

Sumber: Pendam IV/Diponegoro

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *