Temanggung Gencarkan Belanja Produk UKM

  • Share

TEMANGGUNG, MEDGO.ID – Pemerintah Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, memberikan apresiasi atas gelaran Festival Joglosemar sebagai kampenye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Gernas BBI menjadi suatu gerakan yang sangat diunggulkan bagi pelaku UKM, karena dapat membantu para pelaku usaha untuk menaikan penjualan secara signifikan.
Dengan diadakannya Festival Joglosemar tersebut dapat berimbas pada peningkatan pembelian produk-produk UKM buatan Indonesia secara signifikan.

\

Hal tersebut diungkapkan Sri Hariyanto, Kepala Dinkopdag Temanggung usai mengikuti acara puncak Festival Joglosemar yang digelar secara virtual di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Kamis (20/5/2021). Seperti dikutip dari temanggungkab.go.id.

Bupati Temanggung, HM Al Khadziq. (Dok. foto: Humas).

Bertempat di ruang Gajah, komplek kantor Bupati Temanggung, gelaran Joglosemar secara virtual tersebut, selain Kepala Dinkopdag Kabupaten Temanggung, Sri Hariyanto, juga dikuti oleh Bupati Temanggung, HM Al Khadziq, serta Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Agus Sarwono,

Lebih lanjut Sri Hariyanto mengatakan, sebagai upaya untuk mendukung Gernas BBI ini, Pemkab Temanggung membuat program Gerakan Belanja Produk UKM untuk membantu para pelaku UKM dalam pemasaran produknya.

“Gernas BBI ini akan sangat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan UKM naik kelas. Jadi ini memang satu gerakan yang harus kita dukung dengan sepenuhnya. Kemarin kita juga sudah programkan untuk kegiatan gerakan belanja produk UKM. Alhamdulillah produk UKM di Temanggung juga bagus dan laku di pasaran, ini juga salah satu bentuk dukungan terhadap gerakan BBI”, kata Sri Haryanto.

Saat ini, lanjut Sri Haryanto, produk-produk UKM yang terdapat di Temanggung tidak hanya berupa produk makanan dan minuman, ada juga produk-produk kerajinan yang terbuat dari bahan kayu ataupun bambu.

“Produk-produk tersebut nantinya akan dipasarkan. Terlebih adalah produk-produk yang sudah melalui tahap kurasi dan sudah lengkap dari segi kualitas, perizinan, dan PIRT. Sehingga produk-produk tersebut memang sudah layak untuk dipasarkan”, ungkapnya.

“Pemerintah Kabupaten Temanggung juga akan membantu dengan memberikan pendampingan dan pembinaan kepada para pelaku UKM agar tidak melewatkan kesempatan yang baik ini serta mendapat hasil dari itu semua dan menjadi naik kelas,” pungkasnya.

Pada acara tersebut, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai Movement Manager dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bersama Bank Indonesia menghadirkan artis dari Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai kampanye Gernas BBI. Festival dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.(*).
Peawarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *