Tanggul Laut Akan Atasi Permasalahan Rob

  • Share
banner 468x60

KENDAL, MEDGO.ID – Tiga orang pimpinan daerah di Jawa Tengah yaitu Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Bupati Demak, Eisti’anah, dan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, terlibat dalam sebuah diskusi dengan tema “Bincang Siang” yang membahas tentang pembangunan tanggul laut Kendal – Semarang – Demak, dan dampak dari pembangunan tanggul tersebut, Senin (24/1/2022).

Perbincangan yang disiarkan secara streaming melalui kanal YouTube Suara Kota Wali, dipandu langsung oleh Sekretaris Daerah Demak Singgih Setyono dan Dewan Pers Jayanto Arus Adi.

Ketiga Pimpinan Daerah tersebut sepakat bahwa dengan adanya pembangunan Tanggul Laut dapat membantu mengatasi permasalahan rob yang kerap terjadi dan mampu menggerakan roda perekonomian.

Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, pada kesempatan itu mengatakan bahwa beberapa daerah di Kendal terutama di wilayah Kaliwungu hingga Bandengan atau yang berada di garis pantai sering terjadi rob.

“Permasalahan rob memang sering dialami terutama yang memiliki garis pantai, harapan besar tentunya dengan program pemerintah tanggul laut ini mampu mengurangi titik rob yang ada di Kendal,” jelas Dico.

Tanggul laut, lanjut Dico, akan mempercepat kemajuan dari Kawasan Industri Kendal (KIK) karena akomodasinya semakin mudah.

Hal senada juga disampaikan oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, dimana dengan adanya tanggul laut itu diperkirakan dapat mengurangi terjadinya rob yang kerap terjadi di kawasan Semarang.

“Tentunya permasalahan rob menjadi topik utama. Tanggul laut selain bisa mengatasi persoalan rob, juga akan memperlancar arus Lalu-lintas di jalur Pantura Semarang menuju Demak yang sering tergenang rob”, ungkap Wali Kota Semarang.

Lebih lanjut, Hendrar Prihadi mengatakan bahwa pihaknya berencana akan melakukan pengembangan wisata gabungan dengan memanfaatkan adanya Tanggul laut yang menghubungkan tiga daerah tersebut.

Sementara itu, Bupati Demak, Eisti’anah, mengatakan bahwa dibangunnya tanggul laut akan memberikan dampak terhadap terwujudnya percepatan pergerakan perekonomian antar daerah.

“Adanya tanggul laut, akan berdampak pada pertumbuhan dan pergerakan perekonomian di wilayah Demak, Semarang dan Kendal”, pungkas Bupati Demak. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *