Siswa SMKN Jateng Berkesempatan Magang Ke Jepang

  • Share

Semarang, medgo.id – Pada awal semester pertama tahun pelajaran 2022/2023, SMK Negeri Jawa Tengah di Semarang, membuka program kelas magang ke Jepang.

Program kelas magang tersebut merupakan pilot project hasil kerjasama dengan LPK PT Kebon Teknologi Indonesia.
Bagi siswa yang lolos seleksi maka mereka bisa kuliah sambil bekerja di Negeri Sakura, dan mereka juga berpeluang diterima bekerja di perusahaan setelah selesai edukasi.

\

Demikian yang disampaikan oleh Wakil Kepala SMK Negeri Jawa Tengah, bidang Humas dan Kerja Sama, Heri Purnomo, Selasa (12/7/2022)).

“Untuk kelas magang ke Jepang ini, kita akan menyeleksi sebanyak 40 siswa dari siswa kelas XI, yang selanjutnya akan mengikuti pendidikan bahasa dan budaya Jepang selama setahun, di luar jam belajar sekolah”, papar Heri.

Terkait dengan kurikulum dan dukungan laboratorium kerja, Heri mengatakan bahwa SMKN Jawa Tengah cukup kapabel. Boarding school gratis yang dibiayai APBD Jawa Tengah tersebut, dilengkapi dengan beberapa alat-alat modern yang menjadi standar industri diantaranya yaitu mesin CNC (Computer Numerical Control), yang dapat mencetak logam sesuai pemrograman komputer”, ungkap Heri.

Selain itu, lanjut Heri, budaya kerja Jepang pun dibentuk di sekolahan dengan memasang tanda atau istilah dalam bahasa Jepan seperti poster budayakan 5K: Ketelitian (Seiri), Kerapihan (Seiton), Kebersihan (Seiso), Kesegaran (Seiketsu) dan Kedisiplinan (Shitsuke).

“Anak-anak kami yang telah bekerja juga tidak kalah bersaing, hanya saja mereka memang perlu dibekali bahasa Jepang dan gaya hidup di sana. Ada beberapa lulusan SMKN Jawa Tengah yang telah bekerja di Jepang selama tiga hingga empat tahun”, tandas Heri.

Salah seorang siswa calon peserta kelas magang ke Jepang, Ninik Ganjarwati, siswi Kelas Bisnis Konstruksi dan Properti, mengatakan bahwa dirinya sangat antusias untuk bisa mengikuti program tersebut.

“Selain menimba ilmu, saya juga ingin bekerja di Jepang untuk membantu orangtua”, kata Ninik. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *