Siaran Televisi Analog Segera Dihentikan Kemenkominfo Distribusikan STB

  • Share

Klaten, medgo.id – Pemerintah secara resmi telah menghentikan siaran televisi analog sejak tanggal 30 April 2022.

Penghentian siaran televisi analog tahap pertama mulai dilakukan di 116 kabupaten/kota yang meliputi 56 wilayah siaran, tahap kedua dilakukan selambat-lambatnya pada 25 Agustus 2022, dan tahap ketiga pada 2 November 2022.

\

Bagi masyarakat yang masih miliki televisi analog tidak perlu panik atau membeli televisi baru, karena siaran televisi digital dapat ditangkap dengan menggunakan perangkat tambahan yang disebut Set-Top-Box (STB).

Terkait Dengan program penghentian siaran televisi analog, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI, akan segera mendistribusikan bantuan STB kepada 46.303 keluarga di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Kepala Diskominfo Klaten, Amin Mustofa, mengatakan bahwa Kementerian Kominfo akan mendistribusikan bantuan STB mulai 3 Oktober hingga 22 Oktober 2022. Pendistribusian STB tersebut selain di Kabupaten Klaten juga dilakukan di wilayah D.I. Yogyakarta, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta, Senin (3/10/2022).

“Petugas pendistribusian STB tidak hanya menyerahkan bantuan STB secara door to door saja, tapi juga melakukan pemasangan STB di TV analog milik warga. Petugas juga akan melakukan verifikasi dan validasi penerima bantuan STB sesuai ketentuan Kementerian Kominfo”, papar Amin.

Hasil foto dari TV Digital dengan menggunakan kamera Hand Phone. (Dok. foto:adp).

Verifikasi dan validasi yang dilakukan petugas, lanjut Amin, diantaranya adalah memastikan penerima bantuan STB berada di wilayah siaran terestrial dan menikmati siaran tersebut, memiliki TV analog, dan satu KK hanya menerima satu bantuan STB.

“Tapi jika dalam verifikasi dan validasinya dalam satu rumah ditemukan ada lebih dari satu calon penerima maka salah satunya akan diambil”, pungkas Amin. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *