Sertu Suherlan Berjibaku Selamatkan Warga Banjarparakan

  • Share

BANYUMAS, MEDGO.ID – Banjir kembali melanda sejumlah kawasan di wilayah Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Kamis (3/12/2020).

Seperti dikutip dari RRI.go.id, hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak hari Rabu (2/12/2020) sore hingga hari Kamis (3/12/2020) menjelang pagi, telah mengakibatkan meluapnya air Sungai Serayu.

\

“Luapan air sungai Serayu, telah merendam Desa Banjarparakan Kecamatan Rawalo dimana ketinggian airnya mencapai 2-2,5 meter dan hampir merendam seluruh bangunan rumah milik penduduk”, Ungkap Sertu Suherlan, Babinsa Desa Banjarparakan dari Koramil-26/Rawalo Kodim 0701/Banyumas,

Sertu Suherlan menyampaikan bahwa pada Kamis (3/12/2020) pagi, air luapan Sungai Serayu, mulai mengalir memasuki pemukiman penduduk Desa Banjarparakan.

“Banjir kali ini lebih besar dibanding banjir yang terjadi sebelumnya, rumah-rumah penduduk yang berada di bantaran Sungai Serayu banyak yang terendam luapan air sungai. Bahkan rumah milik pak Kandar terendam hingga mencapai genteng rumah dengan ketinggian air hampir mencapai 2,5 meter”, kata Sertu Suherlan.

Sertu Suherlan menyampaikan bahwa pada saat dirinya masuk ke dalam rumah milik pak Kandar ketinggian air sudah hampir mencapai lehernya. Namun, pada saat yang tepat datang bantuan dari Tagana dan warga yang ikut membantu menyelamatkan barang-barang milik Pak Kandar ketempat yang lebih aman.

Sertu Suherlan menambahkan bahwa apa yang dirinya lakukan tersebut adalah sebagai bentuk tanggungjawab dalam membantu warga desa binaannya yang sedang mengalami musibah akibat dampak banjir.

“Saat ini, TNI, Polri bersama warga setempat dan Tagana Banyumas, sedang melakukan evakuasi untuk membantu warga Desa Banjarparakan terdampak banjir. Dengan menggunakan alat seadanya, secara manual, kami bersama-sama warga yang lain menyelamatkan apa yang dapat kami selamatkan “, pungkas Sertu Suherlan.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Taruna Tanggap Bencana (Tagana) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, untuk Desa Kedungnguter Kecamatan Banyumas pada Kamis (3/12/2020) pukul 22.30 WIB, kondisinya sudah kondusif dan banjir yang merendam perkampungan juga sudah surut drastis.
Bahkan sebagaian dari warga masyarakat sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Sementara itu, pemenuhan kebutuhan logistik khususnya makanan siap santap dipenuhi oleh warga masyarakat setempat yang tidak terdampak banjir. (*).
Reporter: Adang

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *