Sekum KORMI Jawa Tengah: KORMI Adalah Wadah Olahraga Rekreasi

  • Share

BREBES, MEDGO.ID – Mewakili Ketua Umum, Sekretaris Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Tengah, Edi Purwanto, S.Pd, melantik Pengurus KORMI Kabupaten Brebes periode 2021-2025, Selasa (29/3/2022).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Brebes Idza Priyanti beserta suami Warsidin, jajaran Forkompimda Kabupaten Brebes, pengurus KORMI Kabupaten dan Kota Tegal.

Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) adalah organisasi mitra pemerintah, yang merupakan satu-satunya badan yang bertanggungjawab terhadap olahraga rekreasi masyarakat antara lain mengelola, membina, mengembangkan, dan mengkoordinasikan setiap dan seluruh pelaksanaan olahraga rekreasi masyarakat.


Dalam prakatanya, Edi Purwanto menjelaskan bahwa KORMI dan KONI merupakan saudara yang sama berkutat di bidang olahraga.

“Perbedaan antara KONI dan KORMI yaitu kalau KONI berkonsentrasi pada olahraga prestasi, sedangkan KORMI fokus dalam menggerakkan masyarakat untuk giat berolahraga yang nantinya bisa menumbuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat, unggul, serta mampu berprestasi di bidang olahraga”, kata Edi.

Jenis olahraga yang digalakkan oleh KORMI, lanjut Edi, adalah olahraga yang digemari masyarakat atau olahraga non prestasi yang menyehatkan dan menyenangkan, seperti permainan tradisional gobag sodor, sepeda ontel dan trabas.

Sementara itu, Bupati Brebes, Idza Priyanti, menyampaikan harapannya kepada KORMI agar bisa mengenalkan Kabupaten Brebes melalui olahraga yang dinaunguinya untuk mengangkat seluruh potensi wisata dan kearifan lokal yang ada di Brebes.

“KORMI harus bersinergi, dan bergandengan tangan dengan seluruh pihak”, Tutur Idza.

Usai dilantik, Ketua KORMI terlantik, Fajar Adi Widiarso, yang juga menjabat sebagai Kabid Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Brebes, menjelaskan bahwa KORMI adalah organisasi mitra pemerintah dalam upaya mensukseskan pembangunan daerah dan menjalankan Program Brebes Adil Sejahtera.

“Kepada Bupati Brebes dan seluruh pihak yang telah mendukung dan mensukseskan pelantikan Pengurus KORMI Brebes, saya mengucapkan terimakasih. KORMI Brebes periode 2021-2025 memiliki program menjadikan olahraga non prestasi seperti olahraga tradisonal yang syarat dengan filosofi leluhur dalam setiap permainannya, bisa semakin digemari oleh masyarakat“, pungkas Fajar. (*).
Kontributor Brebes: Nawir.
Pewarta: Adang.

  • Share
Exit mobile version