SD Negeri Pacet Reban Rintis Sekolah Budaya

  • Share

Batang, medgo.id – Tergerusnya Budaya Jawa oleh laju perkembangan jaman dan pengaruh budaya asing yang semakin masiv, menumbuhkan sebuah gagasan dan inisiatif dari seorang Muhtami, Kepala SD Negeri Pacet, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Menurut Muhtami, inisiatifnya tersebut karena dirinya melihat bahwa Budaya Jawa bagi anak-anak saat ini adalah sebagai hal yang asing.

\

“Untuk menghidupkan kembali Budaya Jawa, saya merintis sebuah sekolah budaya di SD Negeri Pacet, dan saat ini sudah berjalan selama tiga bulan. Sebagai salah satu upaya untuk menghidupkan sekolah budaya dengan adat istiadat, serta kesenian lokal yang dikolaborasikan dengan budaya jawa”, kata Muhtami, Jum’at (29/7/2022).

Muhtami menerangkan bahwa kegiatan sekolah budaya tersebut masuk dalam kurikulum Bahasa Jawa dan ekstra kulikuler sekolah. Latihannya dilakukan dua kali seminggu setelah jam pelajaran selesai, dan waktunya hanya 30 menit.

“Kesenian yang dipelajari disini antara lain karawitan, lengger, kuda lumping, dan membudayakan karakter juga. Jadi ada senyum, sapa, dan salam. Untuk pelatihnya adalah saya sendiri dan dari tokoh kesenian desa serta guru”, papar Muhtami.

Yang membanggakan adalah, ungkap Muhtami, antusias anak-anak terhadap kesenian juga sangat besar dan para orangtua serta masyarakat sekitar sekolah juga sangat mendukung.
Muhtami menambahkan bahwa permainan tradisional anak-anak seperti permainan enggrang, dan dakon, juga tetap dilakukan dimana semua peralatan permainannya disediakan oleh sekolah.

“Saya sangat mengharapkan ada pengakuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang agar mendapatkan Surat Keputusan (SK), sehingga akan resmi sekolah budayanya. Saya berharap Pemkab Batang juga mendukung serta memberikan perhatian khusus terhadap sekolah budaya ini untuk mengeluarkan SK agar menjadi resmi. Jika ke depannya ada inovasi-inovasi, maka kita bisa dengan mudah mengajukan proposal untuk memperoleh sarana dan prasarana”, pungkas Muhtami. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *