Satgas PRC Dapat Bantuan Peralatan Dari Pemkab Purbalingga

  • Share

PURBALINGGA, MEDGO.ID – Satuan Tugas (Satgas) Relawan Purbalingga Reaksi Cepat (PRC) Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah, sekalipun usianya masih dibilang muda karena baru terbentuk pada 14 Febuari 2016, namun ternyata telah memberikan sumbangsihnya yang tidak bisa dibilang kecil.

Keterangan foto: Kiprah Satgas PRC saat terjadi bencana puting beliung yang melanda Purbalingga, (5/11/2020). (Dok. foto: Bejo).

Salah satunya contohnya adalah pada saat terjadi bencana angin puting beliung yang menerjang sebagian wilayah Purbalingga pada 5 Nopember 2020 lalu di wilayah Desa Gambarsari, Purwosari, Muntang dan Toyareka.
Walaupun hanya berbekal peralatan sederhana berupa sensaw, anggota satgas PRC dengan sigap melakukan evakuasi ratusan pohon tumbang yang menghalangi arus lalu-lintas di ruas Jalan Mewek – Toyareka.

Beberapa waktu yang lalu, Bejo Utomo Koordinator Lapangan (Korlap) PRC, menyampaikan sebuah pengharapan kiranya bisa mendapatkan bantuan peralatan dari sipapun yang yang bersimpati.

Do’a dan pengharapan tersebut ternyata tak berselang lama akhirnya terwujud. Senin (9/11/2020), Pemerintah Kabupaten Purbalingga, memberikan bantuan peralatan kepada Satgas Relawan PRC berupa 1 unit sensaw, 5 buah helem , 5 pasang sepatu booth, 3 buah senter dan 1 buah jas hujan.

Atas bantuan peralatan tersebut, Bejo Utomo menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pemkab Purbalingga karena dengan adanya bantuan peralatan yang diterima akan sangat bermanfaat dan akan sangat membantu tugas-tugas para anggota satgas PRC dalam giat kebencanaan.
Apalagi saat musim hujan seperti saat ini, yang rawan dengan bencana seperti pohon tumbang dan tanah longsor, sudah pasti peralatan tersebut akan sangat dibutuhkan.

“Alhamdulilah, puji syukur kepada Allah SWT. Saya selaku korlap PRC menggucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab Purbalingga yang sudah memberikan bantuan peralatan, jujur saya anggota PRC baru pertama kali mendapatkan bantuan peralatan seperti itu”, kata Bejo, Senin (9/11/2020) melalui sambungan telpon selulernya.

Terkait dengan bantuan peralatan kepada sejumlah satgas relawan termasuk kepada satgad PRC, Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana saat dihubungi melalui telepon selulernya, Senin (9/11/2020) pukul 21.15 WIB, mengatakan bahwa bantuan tersebut diberikan atas dasar kiprah dan sumbangsihnya yang telah ditunjukkan oleh para relawan, yang dengan sukarela membantu masyarakat pada saat terjadinya bencana alam dan peralatan tersebut memang sangat dibutuhkan.

,”Semoga bantuan peralatan tersebut dapat bermanfaat. Tetap semangat, jaga terus kekompakan antar komunitas karena masalah bencana bukan hanya urusan pemerintah tapi juga tanggungjawab kita bersama”, kata Sarwa. (*).
Laporan: Adang.

  • Share
Exit mobile version