Sarwa Pramana Tinjau Bencana Longsor di Tangkisan

  • Share

PURBALINGGA. MEDGO.ID – Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah sejak sore hingga malam hari pada Selasa 20 Oktober 2020, telah mengakibatkan terjadinya bencana tanah longsor di Desa Tangkisan, Kecamatan Mrebet, Rabu (21/10/2020).

Longsor tersebut telah mengakibatkan satu rumah milik Khomsiah Muhiati (45 tahun) warga RT 01/02 Desa Tangkisan rusak berat.
“Longsor terjadi sekitar jam 9 malam. Saya tidak mengetahui kejadian tersebut karena saat kejadian tidak terdengar suara apapun. Namun, pada saat saya melihat ke pintu belakang yang terbuka, ternyata longsoran tanah sudah masuk ke dalam rumah dan mengakibatkan pintu serta tembok itu jebol,” ungkap Khomsiah. Seperti dikutip dari RRI.co.id.

\

Khomsiah menambahkan bahwa longsoran telah mengakibatkan 3 kamar di rumahnya jebol. Namun beruntungnya saat longsor terjadi, ketiga kamar tersebut sedang tidak ada orang, sehingga tidak terjadi korban jiwa.

Mengetahui hal tersebut, Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana SH MSi bersama jajaran Pemkab Purbalingga segera meninjau rumah warga yang terdampak longsor.

“Kita akan segera perbaiki rumah milik Khomsiah dari dana APBD dan Bansos dari PMI, Baznas atau dari CSR. Mudah-mudahan besok pagi sudah diketahui kebutuhannya berapa dan kita eksekusi. Untuk pengerjaannya saya berharap memberdayakan potensi yang ada di desa, dengan bergotong royong”, kata Sarwa.

Pada kesempatan tersebut, Pjs Bupati Purbalingga Sarwa Pramana SH MSi menjelaskan bahwa terjadinya peningkatan curah hujan di Indonesia akhir-akhir ini berkaitan erat dengan adanya fenomena La Lina dari Afrika Timur.

“Saat ini sudah memasuki musim penghujan, sangat perlu untuk dibentuk posko bencana 24 jam. Saya mengingatkan, bagi warga yang tinggal di daerah rawan bencana seperti di perbukitan dan di dekat sungai agar tetap waspada dan rutin melakukan ronda malam”, pungkas Sarwa. (*).

Laporan: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *