Ribuan Orang Ikuti Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional 2022 Di Kendal

  • Share

Kendal, medgo.id – Hari Koperasi Nasional yang diperingati setiap tanggal 12 Juli oleh gerakan koperasi merupakan momentum untuk mengenang sejarah dan membangun masa depan koperasi.

Penetapan Hari Koperasi Nasional didasarkan pada Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya pada tanggal 12 juli 1947.
Kedudukan koperasi di Indonesia semakin kuat setelah memperoleh badan hukum yang tertuang dalam Undang-Undang No. 12 Tahun 1967.

\

Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 tahun 2022 yang dipusatkan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, berlangsung di komplek Stadion Utama Kebondalem Kendal, Sabtu (23/7/2022), juga bersamaan dengan digelarnya Pekan Raya Kendal 2022 bertemakan “Pulih Bersama Bangkit Lebih Hebat”, merupakan event dalam memperingati Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-417.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian, Ketua Komisi X DPR RI, Dito Ganinduto, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, dan Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia, Nurdin Halid, serta sejumlah anggota DPR RI.
Selain itu hadir juga 23 orang kepala daerah yang menerima penghargaan sebagai penggerak koperasi.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, saat konferensi pers, Sabtu (23/7/2022). (Dok. foto: adp).

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa koperasi sebagai pilar ekonomi rakyat, sebagaimana arahan dari Presiden RI, Joko Widodo, maka koperasi harus terus dikembangkan untuk memberikan kontribusinya terhadap perekonomian nasional.
Pada tahun 2019, lanjut Airlangga, koperasi telah berkontribusi terhadap PDB sebesar 5,0 persen dan pada tahun 2024 diharapkan bisa mencapai sebesar 5,5 persen. Saat ini, Indonesia memiliki sekitar 236.000 koperasi dan beranggotakan 20,96 juta orang, dengan volume usaha mencapai Rp.193,45 triliun.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi digital, imbuh Airlangga, generasi milenial tentunya telah menjadikan platform digital sebagai pilihan utama dalam aktivitas sehari-harinya.

“Dengan potensi yang ada, saya sangat berharap bahwa kalangan generasi milenial berperan aktif untuk membawa perubahan dalam transformasi ekonomi digital khususnya koperasi digital”, pungkas Airlangga.

Sementara itu, Ketua Umum Dekopin, Nurdin Halid, mengatakan bahwa puncak peringatan Hari Koperasi yang dipusatkan di Kabupaten Kendal diikuti oleh jutaan pegiat koperasi.

“Dari Kendal hadir 6.000 orang, dari Jawa Tengah 2.000 orang, dari Sulawesi Selatan berjumlah 300 orang, dan ribuan peserta lainnya yang datang dari Sumatera, dan Kalimantan, serta jutaan orang dari seluruh Indonesia yang mengikutinya secara daring”, tandas Nurdin Halid.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, mengatakan bahwa dilangsungkannya Pekan Raya Kendal 2022 selama satu pekan adalah sebuah langkah awal untuk recovery, baik secara sosial maupun ekonomi.

“Saya berharap, Pekan Raya Kendal bisa menjadi penanda dari kebangkitan dan pemulihan serta pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal pasca pandemi dan menjadi lebih baik lagi dari sebelum pandemi”, jelasnya.

Terkait dengan gerakan koperasi di Kabupaten Kendal, Dico menyampaikan bahwa hingga tahun 2022 ada sebanyak 587 koperasi namun yang masih aktif hanya sebanyak 246.

Secara terpisah, awak media medgo.id berhasil menemui ketua rombongan dari Kabupaten Brebes, yang juga Ketua Pusat Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (Puskowapi) Jawa Tengah, juga sebagai Ketua Kowapi Kabupaten Brebes, Wiwie Rustiana.

Wiwie, demikian perempuan paruh baya ini akrab disapa, mengatakan bahwa peserta dari Kabupaten Brebes yang mengikuti puncak peringatan Hari Koperasi Nasional di Kendal berjumlah 150 orang, dan khusus dari Puskowapi berjumlah 20 orang.

“Pelaksanaan puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 tahun 2022 yang dipusatkan di Kendal berlangsung dengan meriah dan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Secara keseluruhan, penyelenggaraannya bagus banget dan sambutannya juga sangat memuaskan. “, ucap Wiwie. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *