REGSOSEK 2022 Kabupaten Kendal Libatkan 1.701 Orang Petugas

  • Share

Kendal, medgo.id – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, akan melakukan Regestrasi Sosial Ekonomi (REGSOSEK) 2022, pada 15 Oktober hingga 14 November 2022.

Terkait dengan hal tersebut, Senin (26/9/2022), BPS Kendal melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) yang diikuti oleh seluruh camat dan kepala desa/kepala kelurahan se Kabupaten Kendal.

Kepala BPS Kendal, Ummi Hastuti, menyampaikan bahwa Regsosek merupakan pendataan kesejahteraan sosial ekonomi bagi seluruh penduduk Indonesia sebagai salah satu strategi pelaksanaan reformasi sistem perlindungan sosial.

Regsosek bertujuan untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

“Pelaksanaan pendataan akan dilakukan dari pintu ke pintu yang memakan waktu selama satu bulan mulai yaitu dari tanggal 15 Oktober hingga 14 November 2022. Untuk pendataan kita merekrut sebanyak 1.701 orang, dimana satu orang petugas akan mendata sebanyak 250 Kepala Keluarga”, jelas Ummi.

Lebih lanjut Ummi Hastuti menjelaskan jika Regsosek merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia sehingga sangat membantu mewujudkan negeri membangun secara inklusif.

“Dari hasil pendataan akan menjadi informasi yang komprehensif dan memungkinkan dari data tersebut bisa mendorong dan meningkatkan kesejahteraan setiap penduduk serta meningkatkan ketepatan sasaran program-program pemerintah”, imbuh Ummi.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, berpesan kepada para camat dan kepala fesa agar membantu dan mensosialisasikan kepada masyarakat, terkait adanya kegiatan REGSOSEK dari BPS Kendal.

“Regsosek ini sangat penting. Maka dari itu saya minta hal ini disosialisasikan kepada seluruh warga agar menerima petugas sensus dan memberikan data yang benar”, tandas Dico. (*17).

  • Share
Exit mobile version