Pusat Pemerintahan Kecamatan Kaliwungu Selatan Akan Dipindahkan Ke Darupono

  • Share

Kendal, medgo.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian Nota Keuangan APBD Perubahan anggaran tahun 2022 dan penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tahun 2022, Rabu (31/8/2022), di ruang rapat paripurna DPRD setempat.

Dalam Rapat Paripurna tersebut, Pemerintah Kabupaten Kendal mengajukan empat Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), satu diantaranya adalah Raperda tentang pemindahan Pusat Pemerintahan Kecamatan Kaliwungu Selatan dari Desa Magelung ke Desa Darupono.

\

Sebagaimana diketahui, Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan yang ada saat ini bukanlah bangunan permanen milik pemerintah daerah, akan tetapi mengontrak karena gedung Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan milik pemerintah daerah kondisi sudah rusak parah.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, mengatakan bahwa pemindahan ibukota Kecamatan Kaliwungu Selatan memang harus dilakukan sebagai tuntutan zaman yang semakin berkembang.

“Kondisi Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan saat ini sudah tidak layak. Kendal adalah kota industri, tentunya sebagai ibukota kecamatan harus mencerminkan harapan masyarakat dan Pemkab Kendal”, ungakap Wabup.

Lebih lanjut Wabup mengungkapkan bahwa jika kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan dibangun, maka harus benar-benar berada di lokasi yang aman, jangan sampai pengalaman sebelumnya terulang lagi dimana pada saat itu, pembangunan Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan salah dalam memilih lokasi.

Sementara itu, Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, mengatakan bahwa masyarakat sudah lama menginginkan adanya Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan yang representatif untuk pelayanan.
Oleh karena itu, lanjut Makmun, pihaknya merespon positif rencana perpindahan Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan, yang diajukan oleh Pemkab Kendal.

“Perda tentang Ibukota pemindahan Pusat Pemerintahan Kecamatan Kaliwungu Selatan, menjadi payung hukum dibangunnya kantor kecamatan Kaliwungu Selatan”, tandas Makmun.

Jika Raperdanya bisa ditetapkan tahun 2022 ini, lanjut Makmun, maka realisasi pembangunan kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan paling cepat baru bisa dilakukan pada tahun 2024, karena untuk Raperda APBD Kendal tahun 2023, sudah dalam pembahasan tapi di dalamnya belum ada usulan tentang pembangunan Kantor Kecamatan Kaliwungu Selatan.

10 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Kendal tahun 2022 terdiri dari 6 Raperda prakarsa DPRD dan 4 Raperda dari Bupati Kendal, sebagai berikut:

6 Raperda Prakarsa DPRD Kendal
1. Raperda tentang Penyelenggaraan Kabupaten Cerdas (Smart city) Pemerintah di Kabupaten Kendal.
2. Raperda tentang Pemberian Intensif dan /atau Pemberian Kemudahan Kepada Masyarakat dan/atau Investor.
3. Raperda tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga di kabupaten Kendal.
4. Raperda tentang Bangunan di Kabupaten Kendal.
5. Raperda tentang Penyelenggaraan Olahraga di Kabupaten Kendal, dan
6. Raperda tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Kendal.

4 Raperda Prakarsa Bupati Kendal
1. Raperda tentang Pemindahan Ibu Kota Kecamatan Kaliwungu Selatan;
2. Raperda tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Kendal kepada Perseroan Terbatas Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan Kendal.
3. Raperda tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Kendal Tahun 2022-2024;dan
4. Raperda tentang Penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *