Pj. Sekda Kendal: PPAT Harus Menjaga Kepercayaan, Kejujuran dan Intergritas

  • Share
banner 468x60

KENDAL, MEDGO.ID – Pj. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Ir. Sugiono, melantik dan mengukuhkan 36 orang Pengurus Daerah Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PD IPPAT) Kabupaten Kendal periode tahun 2021-2024, Kamis (17/3/2022), di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

Ketua IPPAT Kendal, Nur Khamid, Dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal yang telah mendukung atas terlaksananya pelantikan dan pengukuhan PD IPPAT Kabupaten Kendal.

“Di Kabupaten Kendal ada 130 anggota IPPAT yang siap melayani masyarakat terkait dengan peralihan hak atas tanah. Kami juga selalu siap berkoordinasi dengan pemerintah daerah, sehingga mampu memberikan kontribusi dalam meningkatkan PAD Kabupaten Kendal”, kata Nur Khamid.

Sementara itu, Pj. Sekda Kendal, Sugiono mewakili Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto, B.Sc, dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi mengucapkan selamat atas dilantik dan dikukuhkannya PD IPPAT Kendal Periode 2021-2024.

“Alhamdulilah, hari ini PD IPPAT periode 2021-2024 telah dilantik dan dikukuhkan. Perpaduan antara PPAT senior berpengalaman dan ditopang oleh PPAT muda, sehingga komposisi ini merupakan simbol dari optimisme agar selalu bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kendal untuk bersama-sama mewujudkan visi misi pembangunan Kabupaten Kendal”, kata Sugiono.

Dengan kepengurusan yang baru, lanjut Sugiono, diharapkan PD IPPAT Kabupaten Kendal bisa semakin maju dan berkembang serta kian solid dengan menjaga kepercayaan, loyalitas, kejujuran dan intergritas dalam bekerja. Pengurus yang solid tentunya bisa menjadi perekat dan penguat program kerja yang hebat.

Masalah pertanahan, menurut Sugiono adalah hal yang sangat strategis dan sensitif, yang memerlukan penanganan yang serius, memiliki kepastian, ketegasan serta kearifan.
Keberadaan notaris, imbuh Sugiono, memiliki peran yang sangat luar biasa, apalagi pertumbuhan ekonomi makro Kabupaten Kendal tengah bertumbuh pesat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal, saya mengucapkan terima kasih atas peran aktif dari PPAT dan notaris yang sudah berpartisipasi serta mendukung pembangunan di Kabupaten Kendal ini”, kata Sugiono.

Sebagai sebuah organisasi, tandas Sugiono, IPPAT harus mampu benar-benar bekerja secara profesional dan menjunjung tunggi etika profesi, sehingga tugas dan pekerjaan mulianya dapat berjalan dengan baik dalam administrasi pertanahan.

Selain itu, Sugiono juga berpesan sebagai pejabat pembuat akta tanah, agar selalu menjaga kehormatan dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari, harus tetap patuh dan tunduk terhadap peraturan-peraturan mengenai pendaftaran tanah dan permasaIahan tanah yang berlaku, dan harus mengikuti perkembangan informasi.

“Jadilah pengurus yang dapat diandalkan dalam segala situasi dan mampu mencari solusi atas segala permasalahan yang terjadi”, pungkas PJ Sekda.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Kendal, Plt. Kepala Bapenda Kendal, Abdul Wahab, pihak ART/BPN Kendal, KP2KP Kendal, KPP Pratama Batang, pengurus IPPAT di Jawa Tengah, pengurus Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Kendal, dan perwakilan Lembaga Bantuan Hukum.(*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *