Pj Sekda Kendal Pantau Arus Mudik Di Jalur Pantura Kendal

  • Share

KENDAL, MEDGO.ID – Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, melakukan pemantauan arus mudik Idhul Fitri tahun 1443 Hijriyah/tahun 2022, di Jalur Utama Pantai Utara Kendal dengan meninjau ke beberapa Pos pengamanan mudik, Kamis (28/4/2022).

Pj. Sekretaris Daerah Kendal, Sugiono, saat meninjau pos pengamanan di Weleri, menyampaikan bahwa semakin dekatnya Idhul Fitri arus mudik mulai menunjukkan peningkatannya terutama di jalur pantura, apalagi dengan diberlakukannya aturan arus satu arah dari arah barat menuju timur menjadi salah satu penyebab padatnya arus lalu-lintas di jalur pantura.

“Kita melakukan pantauan di jalur pantura, dengan melihat langsung beberapa pos pengamanan mudik yang ada di pantura Kendal. Malam ini sudah terpantau arus lalu-lintas pantura ini cukup padat. Pemberlakuan arus satu arah dari barat ke timur, maka kendaraan yang dari arah timur menuju barat mau tidak mau harus melalui jalur pantura. Maka dari itu dari pemerintah berupaya keras untuk melancarkan jalur dengan membuat pos pengamanan yang bekerjasama dengan Polres Kendal”, jelas Sugiono.

Sugiono juga menyampaikan bahwa dirinya bersama rombongan saat menuju pos pengamanan yang ada di perbatasan Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang, tepatnya di Weleri, juga sempat terjebak kemacetan di jalan arteri Weleri.

“Karena jalur pantura diprediksi akan mengalami lonjakan arus lalu-lintas, maka sebagai antisipasinya adalah Pemkab Kendal melarang digelarnya pasar kembang di jalur pantura. Untuk Pasar kembang Weleri akan difokuskan di pasar relokasi Bahurekso. Sementara itu, pasar kembang di Pasar Cepiring tidak akan diberlakukan”, terang Sugiono.

 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal, Giri Kusuma, mengatakan pihaknya mengerahkan personel untuk ikut peran serta dalam penerapan sistem one way traffic.

“Kami bergabung di sembilan pos terpadu bersama Polres, Kodim, Satpol PP dan Dinas Kesehatan dalam tugas penanganan melancarkan arus mudik dan juga arus balik lebaran tahun 2022 ini,” ujarnya.

Giri Kusuma menambahkan, jumlah kendaraan yang akan tiba atau masuk ke wilayah Jawa Tengah khususnya pantura terdapat 5 juta 7 ratus ribu kendaraan, berdasarkan perhitungan dan data dari pihak Litbang Kemenhub.

Guna mengantisipasi lonjakkan kendaraan, teradapat sembilan pos terpadu yang ada di wilayah Kabupaten Kendal yakni Pos Exit Tol Kaliwungu, Pos Alun-alun Kota Kendal, Pos Cepiring, Pos Terminal Bahurekso, Pos Rest Area Wungurejo, Pos Rest Area Rowobranten, Pos Exit Tol Weleri, Pos Bundaran Sukorejo, dan Pos Boja. (*).

  • Share
Exit mobile version