Pilkades Serentak Tahun 2022 Potensial Timbulkan Kerawanan Keamanan dan Ketertiban

  • Share

Kendal, medgo.id – Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, pada tanggal 19 Oktober 2022 mendatang, akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 62 desa yang tersebar di beberapa kecamatan diantaranya di Kecamatan Singorojo, Boja, Limbangan, Ringinarum, Gemuh, Weleri, Kangkung, Patean, Rowosari, Pageruyung, Pegandon, Kaliwungu Selatan dan Sukorejo.

Pilkades sebagai hajatan politik tingkat desa yang dilaksanakan secara derentak, berpotensi menimbulkan kerawanan keamanan dan ketertiban yang menyebabkan terganggunya kondusifitas wilayah.

\

Terkait dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten Kendal telah melakukan sosialisasi Pilkades serentak secara berjenjang dan masiv ke seluruh stakeholder yang berkepentingan serta mempunyai keterkaitan dengan suksesnya penyelenggaraan Pilkades serentak tersebut.

Untuk mengantisipasinya, Pemerintah Kabupaten Kendal juga telah melakukan pemetaan kerawanan di masing-masing kecamatan.

Rapat koordinasi yang membahas pemetaan kerawanan keamanan dan ketertiban di wilayah Kecamatan Singorojo, Boja dan Limbangan, telah dilakukan pada Sabtu (21/5/2022), bertempat di Balai Desa Tamanrejo, Kecamatan Limbangan.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, dalam kesempatan rakor menyampaikan beberapa poin yang menjadi perhatian untuk menjaga pelaksanaan Pilkades pada 19 Oktober 2022 mendatang.

“Kondusifitas warga harus menjadi prioritas. Saya harapkan semua pihak yang berperan seperti kepala desa dan BPD serta Forkopimcam, harus ikut mensosialisasikan terkait pelaksanaan pilkades dan harus dapat memberikan ketenangan agar tidak terjadi gesekan di masyarakat”, ungkap Dico.

Dalam waktu dekat, lanjut Dico, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermasdes) Kendal akan melakukan bimbingan teknik terkait pelaksanaan pemilihan kepala desa.

Berikut peta kerawanan Pilkades serentak Kabupaten Kendal Tahun 2022 sesuai dengan jenis kerawanannya.

1. Rawan Perkelahian.
Kecamatan yang rawan perkelahian antara lain di Kecamatan Ringinarum, Gemuh, Kangkung, Patean dan Sukorejo

2. Rawan Penggagalan.
Wilayah yang rawan terjadi penggagalan Pilkades serentak Tahun 2022 yaitu di Kecamatan Patean, Sukorejo, Kangkung, Rowosari dan Boja

3. Rawan Dukungan Pihak Ke-3.
Yang rawan dukungan pihak ke-3 atau mafia judi (botoh) antara lain Kecamatan Rowosari, Kangkung, Cepiring, Weleri, Gemuh, Pegandon, Boja dan Pageruyung

4. Rawan Money Politics.
Semua kecamatan masuk dalam kategori rawan money politics atau politik uang. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *