Peredaran Rokok Ilegal Cenderung Meningkat

  • Share

Batang, medgo.id – Penindakan terhadap peredaran rokok ilegal terus digencarkan, akan tetapi peredarannya masih tetap marak bahkan cenderung meningkat.

Pada tahun 2020 dan 2021 ada penurunan, namun berdasarkan survei dari Universitas Gajah Mada (UGM), peredaran rokok Ilegal ada kenaikan dari 2 persen menjadi 5 persen.

\

Hal tersebut dikemukakan oleh Humas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal, Anggit, usai Sosialisasi gempur rokok ilegal di Aula Kantor Bupati Batang, Kabupaten Batang, Rabu (23/11/2022).

Lebih lanjut Anggit menyampaikan bahwa sebagai upaya untuk meminimalisir perdaran rokok ilegal, Kantor Bea Cukai Tegal terus melakukan operasi di wilayah tugasnya.

Menurut Anggit, ada beberapa faktor penyebab sehingga terjadi peningkatan peredaran rokok ilegal adalah kondisi perekonomian yang sudah semakin membaik dan adanya kenaikan cukai.

“Dari bulan Januari 2022 hingga Juli 2022, Kantor Bea Cukai Tegal sudah menindak 10 juta batang rokok ilegal. Rokok ilegal yang kita tindak beredar di wilayah Kabupaten Brebes hingga Kabupaten Batang. Pada tahun 2021 kita hanya menindak 5 juta batang rokok ilegal”, papar Anggit.

Anggit menandaskan bahwa Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal, siap mendampingi UKM dan IKM yang memprodukai rokok ilegal untuk menjadi legal. Anggit menambahkan, bagi para pelaku UKM dan IKM yang ingin legal pasti akan dirangkul serta akan memberikan asistensi dan pendampingan sampai dengan legal.

“Tapi itu kembali ke masing-masing pengrajinnya. Kami juga sudah melakukan sosialisasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu,” pungkas Anggit. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *