Perangkat Desa Di Kabupaten Batang Minimal Harus Lulus SMA

  • Share

BATANG, MEDGO.ID – Terkait Perarutan Bupati (Perbub) Nomor 9 tahun 2016 tentang syarat minimal pendidikan terakhir Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sedarajat bagi perangkat desa, Bupati Batang, Jawa Tengah, Wihaji, mengeluarkan sebuah kebijakan baru berupa kesempatan untuk melanjutkan pendidikan bagi para perangkat desa yang belum memiliki ijazah SMA atau yang sederajat hingga tahun 2024.

“Perbup Nomor 9 tahun 2016 itu, mengatur jabatan perangkat desa minimal pendidikannya SMA dengan batasan waktu pada tahun 2022. Semangatnya agar ada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), karena saat ini sangat dibutuhkan SDM yang kompetitif”, kata Wihaji, usai menghadiri Pelantikan Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI), Selasa (15/2/2022), di Gedung Serba Guna Desa Kalipucang Kulon, Kecamatan Batang. Sebagaimana dikutip dari batangkab.go.id.

\

Wihaji mengatakan bahwa ada sekitar 264 orang perangkat desa yang terancam dipecat, karena belum menyelesaikan pendidikan setingkat SMA atau sederajat sesuai peraturan Perbup 9/2016.

Bupati Batang, Wihaji. (Dok. foto:IST).

“Oleh karena itu, dengan pertimbangan yang cukup matang dan argumentatif dalam diskusi yang melibatkan Bagian Hukum, Inspektorat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, memutuskan menerbitkan perbup baru perpanjangan batas akhir pendidikan tiga tahun ke depan atau hingga tahun 2024″, tandas Wihaji.

Dengan kebijakan menerbitkan Perbup baru tersebut, lanjut Wihaji, agar bisa dimaksimalkan oleh para lerangkat desa untuk bisa menyelesaikan pendidikannya.

“Perbup baru yang saya tandatangani di tahun 2022 ini harus dijalankan dengan baik oleh para perangkat desa, untuk melanjutkan pendidikannya hingga tahun 2024″, tegasnya.

Wihaji juga menyampaikan bahwa penghasilan tetap (Siltap) Perangkat desa dalam satu bulan mendapatkan Rp2.022.000,00. Honor itu dinilai dari gaji golongan aparatur Sipil Negara (ASN) yang paling rendah. Siltap Perangkat desa di Batang sudah sesuai dengan perintah Permendagri.

“Perlu diketahui bahwa jumlah perangkat desa di Kabupaten Batang yang melanjutkan sekolah di jenjang SMA sederajat ada 120 orang, yang tidak melanjutkan ada 143 orang. Mereka yang tidak melanjutkan dengan sisa masa kerja kurang dari 5 tahun ada 91 orang, sisa masa kerja lebih dari 5 tahun ada 143 orang”, pungkas Wihaji. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *