Pemkab Kendal Tandatangani MoU Dengan BPSDMI

  • Share

Kendal, medgo.id – Sebagai wujud dari keseriusan pemerintah dalam mengatasi pengangguran di Kabupaten Kendal, dan dalam rangka mewujudkan pembangunan yang lebih baik serta mensejahterakan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI, perguruan tinggi, pelaku usaha dan Perbankan Kendal, Selasa (24/5/2022), di Pendopo Tumenggung Bahurekso.

 

\

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kendal mengatakan bahwa kerjasama yang telah dilakukan diharapkan mampu menekan angka pengangguran yang terbilang cukup tinggi.
Dari data BPS dalam 2 tahun terakhir, imbuh Bupati Kendal, angka pengangguran di Kabupaten Kendal mencapai 40.300 orang, yang sebelumnya hanya 8.900 orang.

“Adanya pandemi telah memberikan andil yang besar terhadap peningkatan angka pengangguran di Kabupaten Kendal. Tentunya mengharuskan kita berinovasi untuk membuka lapangan pekerjaan yaitu dengan bekerjasama dengan pelaku usaha, dan pemerintah pusat dalam membuat pelatihan,” jelas Dico.

Terkait dengan penyerapan tenaga kerja, Dico mengatakan bahwa pada tahun 2022 ditargetkan ada kurang lebih 40.000 tenaga kerja yang dapat terserap baik dari sector industry maupun sektor lainnya.

“Aplikasi Kendal Karir yang belum lama ini di diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, telah terintegrasi sampai ke tingkat desa, sehingga sudah bisa diakses oleh seluruh warga Kabupaten Kendal untuk mendapatkan informasi kebutuhan tenaga kerja”, tandas Dico.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tanaga Kerja (Dinperinaker), Cicik Sulastri, dalam keterangannya menjelaskan bahwa tujuan MoU ini adalah adanya kolaborasi prestasi program ekslusif bagi calon tenaga kerja yang sebagai langkah strategis untuk mengurangi angka pengangguran.

“Kita mulai melakukan akses informasi perluasan lowongan pekerjaan dengan membuat kanal baik website maupun aplikasi Kendal karir, maka dari itu kita berupaya melakukan kerja sama dengan stakeholder terkait dan juga menjalin kerja sama dengan para pihak pelaku usaha serta perguruan tinggi”, jelas Cicik. (*).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *