Pemkab Kendal Serahkan Bantuan Keuangan Parpol Tahap I Senilai 1,265 Miliar

  • Share

Kendal, medgo.id – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (16/6/2022), di Ruang Paringgitan, menyerahkan bantuan keuangan kepada 10 partai politik (parpol) di Kabupaten Kendal yang memiliki wakil di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal, hasil dari Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019.

Ke-10 Parpol tersebut yaitu Partai Demokrat, Golkar, Nasdem, PKB, Gerindra, PPP, PAN, PDIP, PKS dan Perindo.

Tampak hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, yang mewakili Bupati Kendal, Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir Sugiono, Sekretaris Dinas Kominfo Kendal, Dwi Cahyono Suryo dan Perwakilan dari parpol penerima bantuan keuangan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendal, Drs. Suharjo, menyampaikan bahwa penyerahan bantuan keuangan untuk parpol tahun anggaran 2022 totalnya sebesar Rp. 1.968.305.500, yang mana sumber anggarannya berasal dari APBD Kabupaten Kendal, dan penyerahan bantuan keuangan tersebut dilakukan dalam dua tahap.

Suharjo menerangkan bahwa bantuan keuangan parpol yang diserahkan kali ini adalah bantuan keuangan parpol tahap pertama.

“Bantuan keuangan parpol yang diserahkan hari ini adalah bantuan tahap pertama yang terhitung dari bulan Januari hingga September 2022 sejumlah Rp. 1.265.339.250, dan besarannya dihitung dari perolehan suara sah dikalikan Rp. 3.000 per suara sah”, papar Suharjo.

Untuk bantuan keuangan parpol tahap kedua, lanjut Suharjo, terhitung dari bulan Oktober hingga Desember 2022 sebesar Rp. 702.966.250, dan besarannya dihitung dari perolehan suara sah dikalikan Rp. 5.000 per suara sah.

“Bantuan keuangan parpol tahap II belum diserahkan kepada masing-masing parpol”, tandas Suharjo.

Seusai menyerahkan bantuan, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, mengatakan bahwa pemberian bantuan keuangan parpol telah sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 211/3 Tahun 2022, tanggal 26 Januari 2022, tentang Persetujuan Kenaikan Bantuan Keuangan Partai Politik di Kabupaten Kendal.

“Saya berharap, bantuan keuangan partai politik ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya, khususnya untuk pengembangan SDM dan pendidikan politik baik kepada kader maupun masyarakat, sehingga partai politik bisa pro aktif dengan masyarakat”, kata Wabup Kendal.

Salah satu parpol yang mendapatkan bantuan keuangan parpol adalah Partai Gerindra, dimana Partai Gerindra mendapatkan bantuan keuangan parpol sebesar Rp. 127.417.500.

Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Kendal, Mifta Reza, seusai menerima bantuan keuangan parpol, saat diwawancarai oleh awak media mengatakan bahwa bantuan keuangan yang diterima partainya akan digunakan untuk penunjang atau pelaksanaan program kegiatan Partai Gerindra di Kabupaten Kendal.

“Bantuan keuangan untuk partai politik yang dilakukan secara transparan oleh Pemkab Kendal adalah hal yang sangat baik”, kata Reza. (*).

  • Share
Exit mobile version