Pemdes Sidomakmur Siapkan Bumi Perkemahan Di Taman Buah Sidomakmur

  • Share

Kendal, medgo.id – Pemerintah Desa Sidomakmur, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, sedang mempersiapkan bumi perkemahan di lokasi Taman Buah Desa Sidomakmur.

Kepala Desa Sidomakmur, Bambang Sukaryono, saat ditemui di lokasi taman buah, Selasa (2/8/2022), mengatakan bahwa persiapan bumi perkemahan tersebut dilakukan karena akan digunakan untuk kegiatan dalam rangka menyambut peringatan Hari Pramuka yang ke-61 tanggal 14 Agustus 2022.

“Bumi perkemahan yang menempati lahan Perhutani seluas satu hektar kami beri nama Bumi Perkemahan Yudhistira, berada di dalam areal Wana Wisata Rintisan (WWR) Desa Sidomakmur”, kata Bambang.


Lebih lanjut Bambang menyampaikan bahwa Bumi Perkemahan Yudhistira akan mulai digunakan untuk kegiatan perkemahan dan upacara ulang janji Pramuka Penegak dan HUT Pramuka ke-61 pada tanggal 13-14 Agustus 2022 mendatang.

“Kita juga tengah mempersiapkan dan melengkapi sarana dan prasarana penunjang di lokasi Taman Buah dan Bumi Perkemahan diantaranya yaitu Flying fox, panjat dinding, dan track motocross mini atau mini trail. Dimana anggarannya berasal dari Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp. 100 juta, dan bantuan keuangan dari Disporapar Kendal sebesar Rp. 10 juta”, papar Bambang.

Selain untuk kegiatan perkemahan dan upacara ulang janji Pramuka Penegak dan HUT Pramuka ke-61 pada tanggal 13-14 Agustus 2022 mendatang, imbuh Bambang, bumi perkemahan Yudhistira akan digunakan untuk lomba karaoke tingkat kabupaten pada tanggal 19 Agustus 2022, kemudian pada tanggal 20-21 Agustus 2022 kegiatan lomba mewarnai gambar, dan pada September 2022 digunakan untuk lomba burung.

“Perlu saya sampaikan bahwa legalitas lahan milik Perhutani yang digunakan untuk WWR sesuai dengan Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, luasnya mencapai 4,8 hektar. Ke depannya lahan tersebut tidak lagi ditanami tanaman kayu jati tapi akan ditanami tanaman produktif seperti mangga, durian, rambutan, alpokat, dan tanaman buah lainnya”, tutup Bambang. (*17).

  • Share
Exit mobile version