Pembinaan Anggota Linmas Hadapi Pilkades Serentak Tahun 2022

  • Share

Kendal, medgo.id – Pada tanggal 19 Oktober 2022, di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, akan berlangsung Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 62 desa yang tersebar di beberapa kecamatan diantaranya di Kecamatan Singorojo, Boja, Limbangan, Ringinarum, Gemuh, Weleri, Kangkung, Patean, Rowosari, Pageruyung, Pegandon dan Sukorejo.

Terkait dengan hal tersebut, Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki, S.H, memberikan pembinaan kepada anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan mengukuhkan Linmas Tamtama Praja Tingkat Kecamatan Ringinarum, Kamis (7/7/2022), bertempat di Aula Kecamatan Ringinarum.

Pada kesempatan itu, Windu Suko Basuki mengatakan bahwa anggota Linmas yang ada di setiap kecamatan maupun desa, memiliki peran yang sangat strategis dalam membantu para camat dan para kepala desa untuk menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing.

Dalam pelaksanaan Pilkades, lanjut Basuki, hanya anggota Linmas yang bisa masuk di dalam area TPS, karena Babinsa dan Bhabinkamtibmas hanya akan membantu di luar TPS.

“Akan tetapi jika terjadi situasi dan kondisi yang tidak kondusif maka Babinsa dan Bhabinkamtibmas akan ikut masuk membantu di dalam area TPS, sehingga anggota Linmas harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik”, tandas Basuki.

Wabup Kendal menambahkan bahwa kegiatan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan para anggota Linmas harus sering dilakukan, agar dapat menambah pengalaman dan kemampuannya.

“Semoga Pilkades nanti berjalan dengan baik, terlaksana Pilkades yang jujur, adil, tidak ada provokasi dan tidak ada intimidasi dari pihak mana pun, sehingga demokrasi ini dapat berjalan dengan baik. Jika pelaksanaannya adil pasti akan terpilih juga pemimpin-peminpin yang baik dan adil”, pungkas Wakil Bupati.

Tampak hadir dalam acara tersebut Camat Ringinarum, Sobirin, S.Sos, beserta jajarannya, para Kepala desa se Kecamatan Ringinarum.

Pemilihan Kepala Desa serentak adalah amanat Pasal 31 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang berbunyi “Pemilihan Kepala Desa dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Kabupaten/Kota”.

Bupati Kendal melalui Keputusan Bupati Kendal Nomor : 140/30/2022 tentang Penetapan Jadwal Tahapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Di Kabupaten Kendal Tahun 2022, tahapan dari Pilkades dimulai pada tanggal 6 Juni 2022, dan hari pemungutan serta penghitungan suara Pilkades serentak dilakukan pada 19 Oktober 2022, jika terjadi perpanjangan pendaftaran, pemungutan dan penghitungan suara dilaksanakan pada 2 November 2022. (*17).

 

  • Share
Exit mobile version