Pembangunan Jalan Tol Solo Yogyakarta Kulonprogo Telah Dimulai

  • Share

Karanganyar, medgo.id – Pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo saat ini sudah mulai dilakukan berlangsung.

Jalan tol sepanjang 96,57 km tersebut akan melintasi tiga wilayah kabupaten yang berada di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Karanganyar, Boyolali, dan Klaten.

PT Jogjasolo Marga Makmur merupakan badan usaha jalan tol yang ditunjuk untuk menyelenggarakan jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo sepanjang 96,57 km. Hingga tanggal 14 September 2022 progres konstruksi seksi 1 telah mencapai sekitar 21,88 persen.

Demikian yang dipaparkan oleh Coorperate Communication PT Jogjasolo Marga Makmur, Ahmad Izzi, Jum’at (23/9/2022), saat meninjau pengerjaan tol di Colomadu, Karanganyar.

Pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo.

Ahmad Izzi lebih jauh menyampaikan bahwa adanya jalan tol tersebut akan mengembangkan kawasan yang dilaluinya. Dari sejumlah kajian, jalan tol akan berdampak pada perkembangan wilayah yang ada di sekitar jalan tol.

“Manfaat dibangunnya jalan tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo ini yaitu akan mengintegrasikan wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta”, tandas Izzi

Sementara itu, perwakilan dari PT Adhi Karya, Ismail Hidaya, mengatakan bahwa pihaknya menang kontrak dan mengerjakan tol dari STA 0 sampai STA 22.300 atau sepanjang 22 km.

“Terkait dengan desain jalan tol, ada dua jalur cepat selebar 3,6 meter, bahu jalan selebar 3 meter dan bahu dalam selebar 1,5 meter. Untuk tipe bangunan dan konstruksinya ada dua yaitu elevated atau tol layang dan at grade atau timbunan. Agar pekerjaan sesuai target, pihaknya saat ini melakukan pekerjaan timbunan”, jelas Ismail.

Selain itu, lanjut Ismail, kita juga mengerjakan pengecoran untuk saluran maupun box yang melewati jalan existing. (*17).

  • Share
Exit mobile version