Pasar Cepogo Segera Pindah Ke Pasar Yang Baru

  • Share

BOYOLALI, MEDGO.ID – Pemerintah Kabupaten Boyolali Jawa Tengah terus melakukan pembenahan dan penataan pasar tradisional di wilayahnya, agar tidak terkesan kotor dan kumuh.
Dari sekian jumlah pasar, salah satunya adalah Pasar Cepogo yang berlokasi di jalan utama Kecamatan Cepogo menuju ke wilayah Magelang.

Kepala Disdagperin Kabupaten Boyolali, Karsino, menjelaskan, sejumlah 1.400 orang pedagang Pasar Cepogo telah tertampung untuk menempati lokasi pasar yang baru. Pada pasar tersebut terdapat 151 kios, 960 los, dan ada 300 oprokan.
Karsino menyampaikan bahwa pada Senin (15/2/2021) mendatang, pasar yang lama akan pindah ke pasar yang baru.
Pasar Cepogo baru, imbuh Karsino, menempati lahan yang berada di Desa Mliwis atau 500 meter ke arah timur dari lokasi pasar sebelumnya.

\

“Pedagang yang menempati kios los maupun oprokan sudah tertata. Semua dari pedagang lama Pasar Cepogo sudah tertampung di Pasar Cepogo ini”, terang Karsino, di sela peninjauan Pasar Cepogo baru, Selasa (9/2/2021). Seperti dikutip dari Boyolalikab.go.id.

Karsino memaparkan bahwa relokasi Pasar Cepogo menelan anggaran sebesar Rp. 33 miliar. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari anggaran pengadaan tanah pada 2017 dan 2018 sebesar Rp. 12 miliar dengan luas dua hektare, dan Rp. 21 miliar untuk pembangunan fisik Pasar Cepogo yang mulai dibangun pada 2018 hingga 2020.

“Penataan pasar yang baru itu juga akan dibedakan menurut klasifikasi barang yang dijual, agar para pembeli nyaman dan mudah menemukan barang yang dicari”, ungkap Karsino.

Dalam hal membangun sebuah pasar, lanjut Karsino, Bupati Boyolali, Seno Samodro, menghendaki tidak hanya bangunan fisiknya saja yang baik tetapi penataan pedagang dan dagangannya juga harus baik.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Cepogo, Maryono mengaku senang dengan berpindahnya lokasi pasar tersebut. Menurut penjual pakaian ini, pasar yang lama dinilai sudah tidak layak untuk digunakan.

“Senang dengan kondisi seperti ini, dulu kan kumuh, bahkan sangat kumuh. Sudah tak layak Pasar Cepogo yang lama itu dipakai,Kepindahan Pasar Cepogo ke tempat yang baru tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat”, pugkas Maryono.(*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *