Parkir Pekan Raya Kendal Mahal, Kadishub Kendal: Kalau Terlalu Mahal Tidak Usah Bayar

  • Share

Kendal, medgo.id – Pekan Raya Kendal – Kendal Expo 2022, Jawa Tengah, telah digelar sejak 21 Juli 2022 dan akan berakhir pada 28 Juli 2022, dimana kegiatannya dipusatkan di Stadion Utama Kebondalem Kendal.

Namun banyak pengunjung yang mengeluh dengan tarif parkir kendaraan yang dirasakannya terlalu mahal. Untuk parkir sepeda motor sebesar Rp. 5 ribu dan mobil sebesar Rp. 10 ribu.

Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 16 tahun 2017, tentang Peninjauan Kembali Tarif Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum di Kabupaten Kendal, Bab II Peninjauan Kembali Besaran Tarif Retribusi Pasal 3, menetapkan bahwa tarif parkir kendaraan tidak bermotor roda dua sebesar Rp 1.000, kendaraan bermotor roda dua sebesar Rp 1.000, kendaraan roda 3 dan 4 Rp 2.000. Sedangkan kendaraan roda 6 Rp 3.000, dan kendaraan dengan roda di atas 6 dikenakan biaya parkir Rp 5.000.


Terkait dengan parkir selama pelaksanaan Pekan Raya Kendal – Kendal Expo 2022, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kendal, Muhammad Eko, saat ditemui di kantornya, Rabu (27/7/2022) siang, mengatakan bahwa dalam pengarahannya kepada para penyelenggara parkir di sepanjang Jalan Stadion Utama Kendal, tarif parkirnya harus sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Saya juga sudah mendapatkan laporan tentang mahalnya tarif parkir tersebut. Untuk itu, pada hari Minggu 24 Juli 2022 kemarin, saya mengundang semua pihak yang terlibat, termasuk dari Polres Kendal. Saya juga menyampaikan bahwa jangan menerapkan tarif parkir yang terlalu mahal karena akan memberatkan pengunjung”, kata Eko.

Eko menegaskan bahwa terkait dengan tarif parkir, dirinya tetap berpegang pada Perbup Kendal tentang perparkiran dan juga tidak menetapkan besaran tarif parkir yang harus dibayar oleh pengunjung. Bahkan Eko menandaskan bahwa kalau memang terlalu mahal tidak perlu membayar juga tidak masalah.

“Kalau nanti malam masih ada yang menerapkan tarif parkir sepeda motor sebesar Rp. 5 ribu, tolong segera laporkan ke saya”, pungkas Eko. (*).

  • Share
Exit mobile version