Minat Warga Batang Pada Program Televisi Digital Masih Minim

  • Share

BATANG, MEDGO.ID – Pemerintah telah mencanangkan Program migrasi dari televisi analog ke televisi digital yang akan dimulai pada bulan November 2022 mendatang, namun hal itu rupa-rupanya belum mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Indikasinya adalah minimnya minat warga untuk membeli perangkat televisi digital atau Set Top Box (STB).

\

Nonik, seorang pemilik toko elektronik yang berada di Jalan Jendral Sudirman Batang, Jawa Tengah, mengatakan bahwa tokonya mulai menjual STB sejak satu bulan yang lalu, tapi yang terjual hanya 3-5 unit, dengan harga jual Rp. 200 ribuan per unitnya.

“Walaupun sosialisasi telah dilakukan melalui berbagai media namun sampai sekarang yang membeli perangkat televisi digital itu belum begitu banyak”, kata Nonik, Jum’at (4/2/2022). Seperti dikutip dari laman batangkab.go.id.

Terkait dengan kelebihan dari televisi digital, lanjut Nonik, tentu teknologinya lebih canggih, daya jangkaunya luas dan jumlah saluran televisi juga lebih banyak serta beragam.

Sementara itu, Luqni, salah seorang pembeli di toko elektronik milik Nonik, mengutarakan bahwa sampai saat ini masih menggunakan perangkat televisi analog.

“Saya belum berminat untuk beralih ke televisi digital. Sebenarnya program pemerintah itu bagus, cuma dari sisi persiapannya harus lebih dimaksimalkan lagi sosialisasinya”, kata Luqni.

Menurut Luqni, masyarakat perlu diberikan pemahaman tentang perbedaan antara televisi analog dengan digital, jadi masyarakat yang belum tahu itu bisa paham, terus minatnya jadi lebih besar. Bagi sebagian besar warga, belum begitu mengetahui televisi digital secara keseluruhan.

“Yang saya tahu sih televisi digital itu berbayar bulanan. Nah kalau televisi digital yang sekarang ini belum tahu bayar atau tidak. Saya masih perlu mempelajari lebih lanjut tentang teknologi televisi digital”, ungkapnya.

Luqni menegaskan bahwa untuk sementara beli antena televisi analog dulu sambil menunggu kepastian pemerintah, baru mungkin bisa ganti yang digital pakai Set Top Box. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *