Latnister Guna Tingkatkan Kompetensi Prajurit TNI

  • Share

BATANG, MEDGO.ID – Kodim 0736/Batang Kodam IV/Diponegoro, mengelar kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) tahun 2022, Rabu (23/3/2022), dilangsungkan di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI), Kecamatan Subah, Kabupaten Batang.

Latnister yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi prajurit TNI tersebut untuk mengingat, memelihara dan meningkatkan kemampuan teknik bagi para prajurit yang berdinas di satuan kewilayahan atau satuan teritorial, dengan tujuan agar para prajurit dalam melaksanakan tugas teritorialnya bisa lebih profesional dan mengetahui apa Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksinya ).

\

Dandim 0736/Batang, Letkol Arh Yan Eka Putra, diwakili Kapten Inf Sugito Selaku Komandan Latihan, menyampaikan bahwa Latnister tahun 2022 dengan materi yang dititik beratkan pada materi ketatalaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter) meliputi kegiatan pengumpulan data teritorial, analisa kejadian, menyusun rencana dan laporan kegiatan Binter dan dilanjutkan kegiatan praktik.

“Kita berharap sekali, seluruh peserta agar melaksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat”, tegas Kapten Inf Sugito. Dikutip dari batangkab.go.id.

Ia menambahkan, sebagai Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil), anggota Kodim 0736/Batang, harus mampu dan profesional dalam melaksanakan tugas-tugas Binter dengan baik, serta harus dapat memahami dan mampu menerapkan sikap dan perilaku sebagai aparat teritorial.

Sementara itu, Tim Pengawas Latihan (Waslat) dari Korem 071/ Wijaya Kusuma, juga memberikan arahan dan ilmu bagi para prajurit Kodim 0736/Batang dalam memahami tugas pokok aparat teritorial. Sebagai komando kewilayahan harus dapat memanfaatkan SDM dan SDA serta sumber daya lainnya guna membantu tugas saat negara dalam keadaan genting. Oleh karena itu, sumber daya yang ada di wilayah harus dibina dan selalu disiapkan guna kepentingan pertahanan negara.

Materi yang dipertajam kali ini berupa pengumpulan data teritorial anatra lain Data Geo, Demo, dam Komsos.
Aspek geografi adalah tanggap bencana, pembinaan rakyat terlatih, bagaimana kita merekrut komponen cadangan, Linmas, Wanra, Pramuka Sakawira dan pemanfaatan Kondisi alam. (*)

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *