Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal Pasang Fire Block Untuk Antisipasi Kebakaran

  • Share

Kendal, medgo.id – Lapas Terbuka kelas IIB Kendal, Jawa Tengah, melakukan pemasangan Fire Block di 6 titik yang berbeda sebagai langkah antisipasi di tempat-tempat yang berpontensi terjadinya kebakaran serta untuk melengkapi standar keamanan, Rabu (21/9/2022).

Kalapas Terbuka Kelas IIB Kendal, Rusdedy, menjelaskan bahwa Fire block termasuk di dalam golongan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Alat ini sudah lulus uji sertifikasi ISO 9001 : 2015 certificate No : 1740190Q2 0347 R0S dan sudah lulus Uji Laboratorium Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta No. 30/LHU/III/2020.

\

“Fitur Fire Block adalah alat pemadam api revolusioner dengan berbagai kelebihan antara lain bebas perawatan, otomatis, inovasi baru dan ramah lingkungan sehingga sangat aman untuk di pergunakan di Lapas Terbuka Kendal”, kata Rusdedy.

Lebih lanjut, Rusdedy mengatakan bahwa pada dasarnya terjadinya kebakaran disebabkan oleh adanya 3 elemen dasar yaitu Oksigen, Suhu dan bahan yang mudah terbakar, dan kunci utama untuk mengendalikan api adalah dengan mematikan salah satu dari tiga elemen tersebut.

“Kita menerima Fire Block dari Dirjen Pas sebanyak 6 buah, dan saya telah memerintahkan kepada Kasi Adm Kamtib Lapas Terbuka kelas IIB Kendal untuk dilakukan pemasangan”, kata Rusdedy.

Kepada Petugas Lapas, Rusdedy berpesan untuk merawat dan menjaga Fire block serta mencegah terjadi kebakaran dengan membakar sampah dan membuang puntung rokok pada tempatnya

Sementara itu, Ari Rahmanto selaku Kasi Adm Kamtib Lapas Terbuka kelas IIB Kendal, mengatakan dirinya mendapat perintah dari Kalapas untuk segera melakukan pemasangan Fire Block, sebagai upaya pencegahan terjadinya kebakaran yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas

“Pemasangan fire Block dilaksanakan oleh staff kamtib di beberapa titik rawan kebakaran seperti di panel listrik barak WBP, Binker, dapur, ruang SDP dan di pos jaga pengamanan. Mana kala sumbu Fire block terjilat api, maka dalam waktu hanya 7 detik akan meledak dan menyebarkan busa larutan Flurocarbon Surfactan seluas pemadaman 7 m2”, jelas Ari. (*17).

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *