KORMI Jawa Tengah Gelar Festival Olahraga Rekreasi

  • Share

Banyumas, medgo.id – Setelah dua tahun tidak diadakan akibat adanya pandemi, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Tengah, kembali menyelenggarakan Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Jawa Tengah 2022, di kompleks GOR Satria, Kabupaten Banyumas.

Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Jawa Tengah, RR Maria Tri Mangesti selaku penyelenggara, Sabtu (11/2/2022), mengatakan bahwa FORDA tersebut dilangsungkan selama tiga hari yaitu Jum’at, Sabtu dan Minggu 11 hingga 12 Juni 2022, dan diikuti oleh 1.165 orang atlet yang berasal dari 35 kabupaten/ kota di Jawa Tengah.

\

Menurut Maria, peserta dari event tersebut datang secara mandiri berasal dari berbagai kalangan masyarakat mulai dari kalangan anak-anak, pemuda, dewasa, hingga lanjut usia.
Adanya event FORDA, imbuh Maria, maka ke depannya olahraga tradisional bisa semakin dikenal luas oleh masyarakat.

“Atlet yang menjadi juara akan mewakili di Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) di Palembang pada bulan Juli 2022 mendatang”, kata Maria.

Sementara itu, Sekretaris Umum KORMI Jateng, Edi Purwanto, menjelaskan bahwa dalam FORDA 2023 terbagi dalam tiga kategori.

“Yang pertama kategori olahraga tradisional dan kreasi budaya yang terdiri dari hadang, egrang, terompah panjang, tarik tambang, silat budaya, dan liong barongsai. Kedua Kategori olahraga kesehatan dan kebugaran antara lain senam jantung sehat, seban tera, senam sehat Indonesia, senam aerobik, senam pernafasan, SKJ, dan tonis. Dan kategori yang ketiga adalah kategori olahraga petualangan dan tantangan yang meliputi IESPA elektronik sport, air softgun, dan panco. Sementara pada kejuaraan pendukung dan eksebisi ada drumband, yoga, dan panahan jemparingan”, papar Edi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Persatuan Pelestari Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Jawa Tengah, Denty Eka Widi Pratiwi, mengatakan merasa bangga bisa ikut ambil bagian dalam melestarikan olahraga tradisional, sebab selain olahraga tradisional juga bisa mencetak prestasi, sekaligus ikut melestarikan budaya bangsa Indonesia.

“Ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semuanya karena dengan olahraga kita bisa produktif, dengan olahraga kita bisa mencetak generasi yang cerdas, sehat dan bahagia”, pungkas Denty. (*).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *