Kodim Batang Gelar Binsiap Apwil dan Puanter

  • Share

Odim BatangBATANG, MEDGO.ID – Untuk menjaga kemampuan aparat teritorial, Kodim 0736/Batang Kodam IV Diponegoro, menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan (Binsiap Apwil) dan Kemampuan Teritorial (Puanter) bertempat di Aula Koramil 10/Kota, yang akan digelar selama 2 hari dari tanggal 12-13 Oktober 2020.

Diikuti oleh Para Danramil, Para Bati Koramil dan Para Babinsa jajaran Kodim 0736/Batang. Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter adalah Program kerja Triwulan IV tahun anggaran 2020 bidang Teritorial.
Tampak hadir pada acara tersebut PasipuanteremMayor Inf Saing S.Ag dari Tim Waslakgiat Korem 071/Wijaya Kusuma.

\

Kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter TA. 2020 dibuka secara resmi oleh Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Inf Dwison Evianto yang diwakili oleh Danramil Reban Kapten Inf sumargiono.

Dalam sambutannya Kapten Inf sumargiono menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Dandim Batang Letkol Inf Dwison Evianto dikarenakan ada kegiatan yang tidak bisa di tinggalkan.

Dandim Batang dalam sambutan tertulisnya, yang dibacakan oleh Kapten Inf sumargiono menyampaikan bahwa kegiatan Binsiap Apwil dan Puanter, bertujuan untuk menjaga kemampuan aparat teritorial Kodim 0736/Batang.
“Sebagai aparat teritorial tugas pokoknya yakni melaksanakan pembinaan teritorial, segala upaya kegiatan dan pekerjaan untuk menyiapkan Kondisi Geografi, Demografi, dan Kondisi Sosial sebagai ruang, alat dan kondisi juang dibidang pertahanan,” Ucapnya.

Dandim berharap agar para aparat teritorial berperan aktif membantu pemerintah daerah untuk kesejahteraan rakyat sesuai dengan jenjang masing-masing sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat.

Dandim Batang menambahkan bahwa untuk para Babinsa supaya dapat menguasai wilayah binaannya seperti halnya apabila ada potensi konflik dan permasalahan lainnya, karena lebih baik mencegah daripada mengatasi permasalahan yang sudah telanjur terjadi serta monitor perkembangan situasi yang terjadi saat ini.

Sementara itu, Tim Waslakgiat Korem 071/WK Mayor Inf Saing S.Ag (Pasipuanterem) saat memberikan pengarahan mengatakan Babinsa adalah ujung tombak dari TNI-AD, karena babinsa ini bersentuhan langsung dengan masyarakat. Maka dari itu diadakan program Binsiap Apwil dan Puanter, untuk selalu mengingatkan kepada para babinsa supaya yang sudah bagus bisa lebih bagus.

” Kegiatan seperti ini akan dilakhsanakan setiap tiga bulan sekali supaya kita tetap fokus pada masalah lima kemampuan teritorial, karena sebagai aparat teritorial kita harus mampu dan betul-betul menguasai ilmu teritoria. Untuk itu dalam menyampekan atau membuat laporan harus benar – benar akurat atau valid agar tidak menjadi berita hoak”, pungkas Mayor Inf Saing (AD1).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *