KITB Siapkan Tenaga Kerja Terampil Berbahasa Inggris

  • Share

Batang, medgo.id – Pengelola Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah, terus berupaya untuk memberikan dampak positif terhadap masyarakat sekitar kawasan melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Salah satu dari kegiatan CSR tersebut adalah kegiatan program masa depan cerah atau Bright Future Ahead Program, yang akan digelar di sejumlah SMA dan SMK sederajat di Kabupaten Batang, yang bekerjasama dengan Korps Relawan Batang dari Ikatan Alumni SMPN 1 Gringsing (IKA Grissa) dan Lebah Adventure.

\

Direktur Operasi & Teknik PT. KITB, Adler Manarissan Siahaan, usai pembukaan kelas perdana Program Masa Depan Cerah atau Bright Future Ahead di SMK Skar Bumi Nusantara Gringsing, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Senin (15/8/2022), mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah untuk menyiapkan tenaga kerja melalui siswa SMA dan SMK yang memiliki keterampilan dengan menyelenggarakan program training soft skill.

“Program ini merupakan tindak lanjut dari Focus Discussion (FGD) dan Rakor Kolaborasi Penyiapan Tenaga Kerja Tenant di Bandung yang diinisiasi oleh KITB dan Kantor Staf Presiden dengan melibatkan kementerian serta lembaga terkait”, kata Adler.

Sasaran utama dari kegiatan Program Masa Depan Cerah ini, lanjut Adler, adalah untuk memberikan pelatihan soft skill yaitu berupa keterampilan berbahasa asing khususnya bahasa Inggris bagi siswa SMA dan SMK yang berada disekitar KITB.

“Untuk saat ini, program tersebut akan dilaksanakan untuk 10 SMA dan SMK yang berada di sekitar KITB sebagai langkah pertama penyelenggaraan program pelatihan”, tandas Adler.

Sementara itu, GM Corporate Secretary PT. KITB, M Burhan Murtaki, menyampaikan bahwa kegiatan Program Masa Depan Cerah telah sejalan dengan prinsip CSR KITB yang berkomitmen untuk memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Menurut Burham Murtaki hal tersebut sebagai salah satu upaya untuk mempersiapkan tenaga kerja di Grand Batang City karena sebagian besar tenant merupakan Penanaman Modal Asing (PMA), sehingga sangat diperlukan memiliki skill berbahasa asing.

‚ÄúPelatihan Bahasa Inggris untuk siswa SMK dan SMA Sederajat yang berada di sekitar KITB, target sasaran pelatihan bahasa inggris adalah 10 SMK dan SMA yang berada di sekitar Grand Batang City dengan asumsi jumlah peserta adalah 300 siswa”, terangnya.

Selain pelatihan, terang Burhan, KITB juga akan memberikan Beasiswa kepada peserta training terbaik, dengan harapan kegiatan tersebut dapat membawa dampak positif bagi para siswa yang mengikuti pelatihan agar mereka bisa memiliki ketrampilan bahasa asing yang akan bermanfaat bagi mereka saat memasuki dunia kerja nantinya.

Sementara itu, Pj Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Batang menyambut baik Program Masa Depan Cerah dari pengelola KITB.

“Pelatihan tahap pertama dari KITB untuk para siswa SMK dan SMA terkait dengan keterampilan berbahasa Inggris karena yang masuk ke KITB kebanyakan perusahaan asing. Tenaga kerja yang akan masuk bekerja di KITB harus menguasai bahasa inggris karena kebutuhan komunikasi yang saat ini sangat penting “, ungkap Lani.

Ke depannya, lanjut Lani, mungkin dengan materi yang lain sesuai dengan yang dibutuhkan oleh KITB, dan langkah ini harus dikebut mengingat tahun 2023 sudah ada tenant yang beroperasi. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *