Kios Akan Digusur, Pemilik Demo Ke Daop VI Yogyakarta

  • Share

 

Para pedagang di sekitar stasiun klaten lakukan aksi demo. (Dok. foto:RRI).

\

KLATEN, MEDGO.ID – Puluhan pemilik kios di sekitar stasiun Klaten Jawa Tengah, merasa bingung dan resah karena kios yang selama ini ditempati untuk berjualan akan segera digusur oleh PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

Dikutip dari RRI.co.id, Sabtu (17/10/2020), atas rencana tersebut para pemilik kios menggelar aksi unjuk rasa kepada pihak manajemen PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI Yogyakarta.

Bambang Mulyanto selaku Koordinator Paguyuban Perkiosan Stasiun Klaten mengatakan bahwa pihaknya sudah menempati lahan milik KAI tersebut lebih dari 30 tahun, dengan sistem sewa dan setiap tahun ada perpanjangan kontrak.

Para pedagang merasa kaget setelah melakukan pembayaran kontrak selama satu tahun, tapi tiba-tiba mendapatkan pemberitahuan dari pihak KAI secara sepihak yang menyatakan bahwa para pedagang untuk segera pindah paling lambat 31 oktober 2020 mendatang.

“PT KAI memberikan surat kepada kami, bahwa kami harus meninggalkan tempat ini, dimana batas akhirnya adalah tanggal 31 oktober 2020. Padahal perjanjian kontrak sewa-menyewa lahan tertulis ada yang sampai september 2021 jadi masih lama,” kata Bambang Sulamto.

Mereka, merasa tidak ada keadilan dan sebelumnya juga tidak ada sosialisasi dari pihak PT KAI. Mereka mengaku menerima surat pemberitahuan pemberitahuan itu pada tanggal 13 Oktober 2020, sehingga para pedagang yang berjumlah 26 orang itu merasa kebingunan untuk mencari lokasi pengganti yang baru.

Sementara itu, Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko ketika dikonfirmasi merasa kaget dan mengatakan bahwa dirinya belum mengetahui adanya rencana penggusuran tersebut termasuk surat pemberitahuan yang telah diterima oleh para pedagang. (AD1).

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *