Kepesertaan BP Jamsostek Jadi Syarat Wajib Pengajuan Ijin Usaha

  • Share

KENDAL, MEDGO.ID – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kendal Jawa Tengah, melakukan penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda serta Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigradi (Disnakertrans) Kabupaten Kendal tentang kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan sebagai syarat dalam perizinan dan penegakan hukum program jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Kendal, Jum’at (23/10/2020), di Kantor DPMPTSP Kabupaten Kendal.

Dalam acara itu hadir Kepala DPMPTSP Kabupaten Kendal, Anang Widiasmoro, SST, MM., Kepala Disnaker Kabupaten Kendal, Bapak Drs. M. Sukron Samsul Hadi, M.Si., Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang Pemuda Bapak Teguh Wiyono, dan KCP BP Jamsostek Ketenagakerjaan Kabupaten Kendal, Suriyadi.

\

Kepala DPMPTSP Kendal, Anang Widiasmoro mengatakan, bahwa dengan kerjasama yang sudah dilakukan, maka perusahaan wajib menyertakan keikutsertaan BPJS karyawannya.
“Perusahaan di Kendal yang ingin melakukan perpanjangan perizinan usahanya, wajib menyertakan kepesertaan jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek) bagi tenaga kerjanya, karena menjadi persyaratan untuk terbitnya perizinan,’’ ujarnya.

Anang juga mengatakan bahwa hal itu sebagai bentuk fasilitas dari Pemerintah Kabupaten melalui DPMPTSP dalam memberikan perlindungan kepada pekerja. Setiap perizinan, setiap nomor induk berusaha yang sudah diterbitkan, tenaga kerjanya wajib masuk program BPJS.
Ketentuan itu, menurutnya sudah berlaku dan sebagian besar perusahaan sudah menerapkannya. Namun ada beberapa perusahaan kecil yang belum menerapkannya.

‘’Kami selalu berusaha memperbaiki kondisi-kondisi tersebut melalui sosialisasi. Termasuk juga saat perusahaan mengurus kembali perizinannya. Hal itu menjadi persyaratan, baik BPJS kesehatan maupun ketenagakerjaan,’’ kata Anang.

Sementara itu, Teguh Wiyono selaku Kepala BP Jamsostek Cabang Semarang Pemuda mengatakan bahwa kerja sama tersebut bertujuan untuk memastikan seluruh pekerja mendapatkan perlindungan jamsostek, sehingga di masa mendatang kesejahteraan mereka bisa lebih terjamin.

Pada kesempatan itu, Kepala BP Jamsostek KCP Kendal Suriyadi, menyampaikan bahwa sebenarnya kerja sama dengan DPMPTSP telah berjalan sejak tahun 2018 lalu, dan tahun ini merupakan perpanjangan PKS. (*).

Laporan: Adang/Diskominfo.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *