Kepala Diskominfo Kendal: Indeks KAMI Untuk Memetakan Kefaktualan dan Keamanan Sistem Informasi

  • Share

KENDAL, MEDGO.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Selasa (17/05/2022), melangsungkan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Implementasi Indeks Keamanan Informasi (KAMI), di aula Gedung Wanita lingkungan Setda Kendal.

Kegiatan diikuti oleh jajaran Diskominfo dan para admin pelayanan publik di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kendal.

\

Sebagai nara sumber dalam rakor tersebut antara lain Merdekadyarta, S.Tr.TP, MTT, CHFI, Ni Putu Ayu Lhaksmi, S.Tr.TP, perwakilan BSSN, Anggota DPRD Kendal, Muh Tommy Fadlurohman, H. Nasri, ST.

Kepala Diskominfo Kendal, Wiwit Andariyono S STP, dalam prakatanya mengatakan bahwa kegiatan rakor dilakukan sebagai persiapan assesmen penilaian indeks KAMI tahun 2022 dan untuk meningkatkan kesadaran serta pemahaman tentang pentingnya penerapan keamanan informasi yang handal.

Menurut Wiwit, indeks KAMI tidak ditujukan untuk menganalisis kelayakan atau efektifitas bentuk pengamanan yang ada, melainkan sebagai perangkat untuk memberi gambaran kondisi kesiapan kerangka kerja keamanan informasi.

“Dengan indeks KAMI, kita dapat memetakan kefaktualan pada keamanan sistem informasi di Pemkab Kendal”, tandas Wiwit.

Dalam paparannya, anggota DPRD Kendal, Muh. Tommy Fadlurohman, menyampaikan bahwa kemajuan teknologi informasi yang pesat saat ibarat dua mata pisau.

“Di satu sisi, dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi yang diperlukan, sehingga dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan sumber daya manusia yang dimiliki. Akan tetapi, di sisi yang lain juga dapat memberikan dampak negatif seperti masuknya informasi yang bersifat destruktif, sehingga akan mempengaruhi pola pikir dari seseorang”, tandas Muh. Tommy.

Oleh karena itu, lanjutnya, kepada para admin pelayanan publik, untuk memanfaatkan kegiatan rakor ini dengan sebaik-baiknya agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Kendal.

Sementara itu, anggota DPRD Kendal, H. Nasri, menyampaikan agar para pelayan publik untuk mengikuti perkembangan zaman terutama di bidang teknologi informasi.

“Mari kita aktif meningkatkan keilmuan dalam bidang IT di OPD di Kabupaten Kendal, khususnya di bidang pelayanan yang berbasis digital agar lebih maksimal dalam melayani masyarakat”, pungkas Nasri. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *