Kepala Dishub Provinsi Jawa Tengah Dilantik Sebagai Pj Bupati Pati

  • Share

Semarang, medgo.id – Masa Jabatan Bupati Pati, Jawa Tengah, Haryanto, telah habis per tanggal 22 Agustus 2022.

Untuk mengisi kekosongan Bupati Pati, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Senin (22/8/2022) malam, di Grhadhika Bhakti Praja, melantik Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro, sebagai Penjabat (Pj) Bupati Pati.

\

Dalam pidato pelantikan, Ganjar berpesan agar Henggar segera bekerja, dan menuntaskan tugas-tugas yang masih menjadi pekerjaan rumah di Kabupaten Pati. Juga termasuk melakukan komunikasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh-tokoh yang ada di Pati, termasuk dengan DPRD, agar harmoni terus terjalin.

“Pelantikan ini sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (SK Mendagri) nomor 131.22-5117 tahun 2022 terkait penunjukan Penjabat Bupati yang telah terbit dan ditandatangani pada 12 Agustus 2022″, kata Ganjar.

Kepada PJ Bupati Pati, Henggar Budi Anggoro, Gubernur Jawa Tengah menegaskan agar melakukan inovasi dan kreasi dalam menangani problem inflasi di daerah, dan masalah integritas. Hal itu didasarkan atas kejadian OTT oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Bupati Pemalang, yang terjadi beberapa waktu lalu yang telah menjadi pukulan telak.

“Saya tidak akan pernah bosan untuk bicara soal antikorupsi dan layanan yang baik. Kalau hal ini bisa kita dorong mulai dari bawah, Insyaallah pemerintahannya akan sangat baik. Bisa melayani dengan tulus, transparan, dan akuntabel. Itu mesti diajarkan terus-menerus”, jelas Ganjar.

Penjabat Bupati Pati, lanjut Ganjar, juga wajib lapor kepada Gubernur dan Wakil Gubernur setiap tiga bulan.
Menurut Ganjar, Wajib lapor itu sebagai bentuk kontrol, karena Penjabat Bupati dikirim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov), dan masih tercatat sebagai pegawai Pemprov.

“Ini ada positifnya karena dikirim dari provinsi, pegawai provinsi, maka saya dengan Wagub lebih gampang. Kalau ada apa-apa saya jewer gitu. Biasanya itu sangatlah efisien, maka beberapa yang kita tugaskan itu langsung jalan cepat. Jadi ada keuntungannya”, papar Ganjar.

“Menjelang 2024, di Pati juga akan ada Pilkada. Semua sudah pasang kuda-kuda juga maka pastikan netral, pastikan bisa mengelola itu dengan baik, pastikan harmoni itu terjadi,” pungkas Ganjar. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *