Kendal Novel Award 2022

  • Share

Kendal, medgo.id – Pegiat seni sastra Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang terdiri dari Komunitas Lerengmedini (KLM), Sangkar Arah Pustaka, Jarak Dekat Art Production, dan Pelataran Sastra Kaliwungu (PSK), menggelar sebuah ajang bertajuk Kendal Novel Award (KNA) 2022.

Dewan juri ajang Kendal Novel Award 2022 yang diketuai oleh Prof Muhajirin Thohir dan beranggotakan F. Rahardi (sastrawan) dan Sigit Susanto (penulis dan penerjemah), akhirnya menetapkan Novel Di Antara Kau dan Dia, karya Yozar F Amrullah, sebagai manuskrip novel terbaik.

\

Sementara itu, novel yang berjudul Pijakan Uap, karya Saffina Az Zahra, dinobatkan sebagai karya terbaik Ke-2, dan novel yang berjudul Sensei of The Blue, karya Salwa Aliva Rahmanda, ditetapkan sebagai karya terbaik ke-3.
Selain itu, Dewan Juri juga memberikan apresiasi terhadap novel karya Wahyu yang berjudul Se Ons Kurang.

Pengumuman dan penyerahan hadiah dilakukan di Kebun Sastra Guyub, yang berada di Dusun Krajan RT 03 RW 08, Desa Bebengan, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Minggu (30/10/2022).

Ketua penyelenggara KNA 2022, Heri C. Santoso, mengatakan bahwa acara tersebut digelar sebagai upaya untuk memberikan ruang ekspresi, apresiasi dan motivasi bagi para penulis yang ada di Kabupaten Kendal.

Lebih lanjut Heri mengatakan mengapa KNA 2022 sebagai ruang ekspresi? Heri menilai bahwa hal tersebut dikarenakan selama ini ajang unjuk karya sastra masih sangat minim.
Menurut Heri, kalaupun ada hanya di lingkup sekolah, dan di tingkat regional maupun nasional pun hanya setahun sekali. Oleh karenanya, imbuh Heri, hadirnya KNA bisa menjadi ajang ekspresi bagi para penulis.

“Jika dibandingkan dengan bidang lain seperti bidang olahraga, maka penghargaan terhadap profesi penulis terasa masih sangat sedikit. Saya tidak bermaksud untuk membanding-bandingkan karena memang ini dua hal berbeda. Namun, setidaknya ranah kepenulisan, khusus karya sastra, sepatutnya juga bisa mendapatkan apresiasi”, tutur Heri, peraih Satu Indonesia Award 2011 ini.

Heri menambahkan bahwa ajang KNA adalah sebagai motivasi, karena motiv dalam menulis menjadi salah satu hal yang pokok bagi keberlanjutan seorang penulis apalagi bagi penulis pemula.

“Saya berharap kehadiran KNA sebagai bentuk penghargaan kepada penulis di lingkup Kabupaten Kendal, bisa menjadi sebuah motivasi bagi para penulis atau calon penulis. Sehingga mereka akan terus meningkatkan kualitasnya, serta mengasah kemampuannya untuk melahirkan karya-karya terbaik”, pungkas Heri.

Hadiah bagi para pemenang
1. Terbaik 1: Mendapat hadiah Kambing Peranakan Etawa, plakat, paket buku dan kain, serta piagam
2. Terbaik 2: Mendapat sepasang Kelinci, plakat, paket buku dan kain, serta piagam.
3. Terbaik 3: Mendapat sepasang ayam kampung, plakat, paket buku, dan kain, serta piagam.

Sementara karya yang menarik Dewan Juri mendapatkan hadiah seekor bebek, plakat, paket buku, dan piagam. (*17).

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *