Kendal Berhasil Ekspor Pala, Biji Kopi dan Porang

  • Share

KENDAL, MEDGO.ID – Bupati Kendal, Jawa Tengah, Dico M Ganinduto, hadir dalam acara pelepasan Merdeka Ekspor 2021, Sabtu (14/8/2021), di pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kendal mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Kendal saat ini telah fokus untuk memperhatikan sektor pertanian. Menurut Bupati Kendal ada komoditas perkebunan yang sudah diekspor di antaranya yaitu pala dan kopi.

\

“Tanaman porang juga sudah mulai berkembang. Saat ini, kita tinggal mendukung para petani terutama dalam pengadaan peralatan produksi berupa mesin produksi chips agar nilai jualnya bisa lebih tinggi. Kita akan membantu mencarikan investornya”, ungkap Dico.

Lebih lanjut, Dico mengatakan bahwa untuk meningkatkan ekspor, percepatan pembangunan Pelabuhan Kendal harus dilakukan dan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Pusat, agar ekspor bisa dilakukan dari Kendal.

Diketahui, Provinsi Jawa Tengah telah mengekspor komoditas pertanian dari sektor perkebunan seperti pala, biji kopi, minyak sawit, gula merah, dan karet lembaran ke 36 negara senilai Rp. 400 miliar.

Selain itu, dari sektor tanaman pangan, ada edamame, Porang, kacang hijau, dan tepung jagung. Komoditas berikutnya dari sektor hortikultura seperti daun pakis dan ruskus, okra, dried taro leaf, bonsai, bunga melati, kapulaga, kunyit, dan daun cincau. (*).
Pewarta:Adang.

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *