Kementerian Pertanian Serahkan Aset Senilai 7,7 Miliar Kepada Pemkab Semarang

  • Share
banner 468x60

UNGARAN, MEDGO.ID – Pemerintah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, menerima aset senilai Rp. 7,7 miliar lebih dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkebunan, Kementerian Pertanian RI.

Wakil Bupati Semarang, Basari, menyampaikan bahwa aset tersebut berupa tanah dan bangunan yang tersebar di enam desa pada empat kecamatan, Senin (14/2/2022) pagi, saat meninjau lokasi aset tanah dan bangunan di Ambarawa.

“Aset yang diserahterimakan akan kita inventarisir terlebih dahulu. Kita cocokkan dengan data sesuai dan sertifikat hak yang ada”, terang Wabup. Seperti dikutip dari semarangkab.go.id.

Melihat kondisi beberapa bangunannya sudah rusak dan terbengkalai, wabup berharap, tanah dan bangunan tersebut dapat segera dimanfaatkan sesuai kebutuhan Dinas Pertanian.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Semarang, Wigati Sunu, menjelaskan bahwa tanah dan bangunan tersebut akan digunakan untuk mendirikan pusat kesehatan hewan, dan beberapa fasilitas pendukung pembangunan bidang pertanian.

“Langkah pertama, tanah dan bangunan ini akan diserahkan ke Bagian Aset Pemerintah. Dinas Pertanian mengusulkan untuk digunakan pengembangan puskeswan dan pasar hewan. Sedangkan lahan produktif akan digunakan untuk budi daya pertanian. Peruntukan akan disesuaikan kebutuhan sekitar lahan dan bangunan itu”, terang Wigati.

Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Semarang, Wiwin Sulistyowati, menambahkan bahwa total ada enam bidang tanah dan tujuh bangunan gedung milik Direktorat Jenderal Perkebunan RI yang diserahterimakan.

“Aset tanah senilai kurang lebih Rp. 7,6 miliar, di yang berlokasi di Desa Candi, Bandungan dan Desa Jubelan, Sumowono. Sedangkan bangunan gedung senilai Rp. 44,7 juta tersebar di Kecamatan Bandungan, Sumowono, Tengaran dan Ambarawa”, pungkas Wiwin. (*).
Pewarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *