Kembang Langit Park Pesona Hutan Pinus Alam Pegunungan

  • Share
banner 468x60

BATANG, MEDGO.ID – Di Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, ada sebuah destinasi wisata alam yang menyajikan keindahan alam pegunungan dengan udaranya yang sejuk, dan sangat rekomended untuk dikunjungi.

Adalah Kembang Langit Park atau Sikembang Park, berlokasi di Desa Kembanglangit, memiliki nuansa alam yang mempesona karena keasriannya yang senantiasa dijaga dengan baik.

Pada awalnya, destinasi wisata alam ini hanya sebagai tempat persinggahan bagi para pelancong yang akan menuju ke kawasan wisata Dieng, untuk sekadar beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Namun saat ini kondisinya sudah sangat jauh berbeda. Sikembang Park kini telah menjadi salah satu destinasi wisata alam favorit dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal Batang maupun wisatawan dari daerah lain di Jawa Tengah.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kembanglangit, Wahyu Dwiyanto, Rabu (4/5/2022), mengatakan bahwa jika dibandingkan dua tahun lalu, penambahan jumlah kunjungannya bisa dikatakan luar biasa.

“Jumlah tiket masuk yang terjual mencapai 5.000. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 12.000,00 khusus selama lebaran dan hari biasa Rp. 10 ribu. Mereka yang dengan yang didominasi kendaraan pribadi yang datang dari Tegal, Pemalang bahkan Semarang”, kata Wahyu.

Lebih lanjutkan Wahyu menerangkan bahwa Pasalnya, pada hari ketiga lebaran pada tahun 2021 lalu pengunjungnya hanya 500 orang, sedangkan tahun 2022 meningkat drastis hingga hampir 1.000 pengunjung.

Terkait dengan sarana prasarana di tempat wisata, Wahyu menyampaikan bahwa ada penambahan sarana prasarana seperti spot swafoto dan pembenahan akses jalan.
Selain itu, imbuh Wahyu, juga tersedia fasilitas homestay seharga Rp. 135 ribu dan Rp. 170 ribu untuk menginap sehari semalam.

“Target pendapatan kita selama libur lebaran tahun 2022 ini sebesar Rp.150 juta. Sementara itu pada libur lebaran tahun 2021 lalu hanya memperoleh pendapatan sebesar Rp. 15 – Rp. 20 juta”, terang Wahyu.

Salah seorang pengunjung, Solihin, warga Adiwerna Kabupaten Tegal, yang datang berombongan bersama delapan orang keluarganya, mengatakan bahwa dirinya baru kali pertama datang ke Sikembang Park dan memang sengaja mengunjungi Sikembang Park usai bersilaturahmi ke sanak saudaranya yang ada di Kabupaten Pemalang.

“Saya memilih Sikembang Park karena suasana yang asri dan yang serta tidak terlalu padat. Fasilitasnya juga cukup variatif, dengan spot-spot swafotonya yang instagramable”, kata Solihin.

Secara terpisah, Kepala Disparpora Batang, Yarsono, mengatakan melihat peluang besar dengan banyaknya kunjungan wisatawan dan pasti akan berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Target PAD Batang di tahun 2022 bisa meningkat 50 persen yakni mencapai Rp. 3,7 miliar. Target pendapatan pada tahun 2021 hanya Rp. 2,7 miliar, karena adanya Pandemi”, ujar dia. (*)
Peswarta: Adang.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *